Liga Indonesia

Berpuasa Sambil Berlatih, Kiper Persipura Tak Merasa Berbeda

Jumat, 30 April 2021 16:38 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman saat memberikan rompi latihan kepada rekannya. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman saat memberikan rompi latihan kepada rekannya.

INDOSPORT.COM - Salah seorang kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman, tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim dengan menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan. Namun, sebagai pesepakbola profesional, Dede juga harus tetap berlatih.

Meskipun harus menjalankan dua kewajibannya itu secara berbarengan, namun Dede tak merasakan hal yang berbeda. Ia tetap merasa seperti biasanya.

Hanya saja, kiper asal Jakarta ini mengaku sempat kelelahan di awal puasa, karena harus beradaptasi. Apalagi, ia baru saja pulih dari cedera panjang.

"Waktu hari pertama puasa agak lelah yah, karena mungkin tubuh perlu beradaptasi, tapi setelah beberapa hari puasa, saya merasa sama aja seperti biasanya. Kalau latihan sama saja, kecuali terkadang ada program khusus dari pelatih," ungkap Dede Sulaiman kepada awak media olahraga INDOSPORT, Jumat (30/04/21).

Walau harus berlatih setiap hari sambil berpuasa, Dede juga mengaku tenaganya tak begitu terkuras. Dede punya kiat tersendiri untuk bisa menjaga kebugarannya.

"Stamina gak terlalu yah, karena kita latihan pagi hari kan baru selesai sahur, jadi gak masalah. Saya hanya perbanyak minum air putih, minum susu juga pada waktu berbuka dan sahur. Setelah latihan pagi saya istirahat tidak keluar kemana-mana," katanya.