Liga Indonesia

Persib Bandung dan Bobotoh Kompak Tolak Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi

Rabu, 12 Mei 2021 01:41 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© persib.co.id
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, satu suara dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), menolak wacana penghapusan sistem degradasi Liga 1 2021. Copyright: © persib.co.id
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, satu suara dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), menolak wacana penghapusan sistem degradasi Liga 1 2021.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, satu suara dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), menolak wacana penghapusan sistem degradasi pada kompetisi Liga 1 2021.

Sebagai informasi, wacana penghapusan sistem degradasi pada kompetisi Liga 1 2021 muncul, lantaran ada usulan dari sejumlah klub peserta kompetisi. Usulan tersebut, akan dibawa ke Kongres Tahunan PSSI pada akhir Mei 2021.

"Di Liga manapun di dunia ini dan di situasi normal apapun pasti mengikuti FIFA, begitu juga dengan PSSI yang berada di bawah FIFA, maka harus ada degradasi. Jika tidak, akan muncul sistem yang berbeda dan bisa menghilangkan integritas juga sikap sportif," kata Robert dikutip dari laman Persib, Selasa (11/05/21).

Mantan pelatih PSM Makassar ini mendukung sikap manajemen Persib yang dengan tegas menolak usulan penghapusan sistem degradasi pada kompetisi Liga 1 2021. Selain itu, hingga saat Robert Alberts masih menunggu kepastian dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), terkait kejelasan kompetisi 2021.

"Saya mendukung penuh kebijakan manajemen Persib bahwa Liga di mana pun itu harus ada yang namanya degradasi, tapi poin utamanya adalah hingga saat ini, kami pun masih belum tahu kepastian penyelenggaraan Liga dan bagaimana formatnya," katanya. 

Sebelumnya, manajemen Persib sudah lebih dulu mengambil sikap dengan tegas menolak wacana dihapusnya sistem degradasi pada kompetisi Liga 1 2021. Menurut Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, sistem tersebut tidak seusai dengan prinsip dasar dari sebuah kompetisi. 

Selain itu, Teddy menambahkan regulasi mengenai kompetisi sudah jelas diatur dalam statuta FIFA dan AFC, sehingga aturan tersebut harus diikuti.

"Kami sangat menolak kompetisi Liga 1 tanpa degradasi, prinsip dasar dari kompetisi, yaitu sporting merit and integrity harus dijalankan," tegas Teddy saat dihubungi wartawan, Jumat (07/05/21).

"Statuta FIFA dan AFC mengatur dengan sangat jelas mengenai sporting merit and integrity," ucap Teddy menambahkan.