Bola Internasional

Profil Tim Euro 2020: Finlandia

Minggu, 30 Mei 2021 08:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Timnas Finlandia di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Timnas Finlandia di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Melihat profil salah satu peserta Euro 2020, Timnas Finlandia, sang kuda hitam yang jalani partai debut di kompetisi ini dan berharap bisa lanjutkan kisah Yunani sebagai kampiun edisi 2004 silam.

Sepanjang babak kualifikasi Euro 2020, penampilan Timnas Finlandia terbilang cukup mengesankan. Tergabung di Grup J, Finlandia harus bersaing dengan beberapa tim kuat Eropa seperti Italia, Yunani hingga Bosnia and Herzegovina.

Sempat telan kekalahan 2-0 dari Italia di partai pembuka kualifikasi, perlahan Finlandia mampu tampil konsisten. Di mulai dari kemenangan 0-2 kontra Armenia, dan terus berlanjut hingga tiga pertandingan berikutnya.

Total dari 10 pertandingan yang telah Finlandia jalani di kualifikasi, mereka berhasil raih 6 kemenangan serta telan empat kekalahan. Hasil tersebut membuat Finlandia finish di urutan kedua klasemen dengan 18 poin. Selisih hampir 12 angka dari Italia sebagai juara grup.

Selain lolos ke putaran final Euro 2020, sepanjang babak kualifikasi Timnas Finlandia juga mampu menunjukkan agresivitas tinggi dalam mencetak gol.

Bahkan penyerang utama mereka, Teemu Pukki berhasil keluar sebagai top skor babak kualifikasi Euro 2020 Grup J dengan torehan 10 gol. Jumlah tersebut jauh melampaui Andrea Belotti sebagai pesaing terdekat. Total, pemain asal Italia itu cuma bisa cetak gol buat Gli Azzurri selama kualifikasi.

Markku Kanerva selaku pelatih kepala Timnas Finlandia, terbilang sukses memainkan skema 4-4-2 klasik bersama skuad Huuhkajat. Walau dikenal sebagai taktik usang dan jadul, namun ternyata Finlandia era Markku Kanerva berhasil mengalahkan tim-tim Eropa dengan formasi yang lebih modern.

Tak cuma Teemu Pukki, skuad Finlandia juga berisikan pemain-pemain yang mentas di kompetisi ternama Eropa. Sebut saja sang penjaga gawang mereka, Lukáš Hrádecký yang musim ini bermain di Bundesliga bersama Bayer Leverkusen.

Belum lagi dua pemain bertahan yang punya postur tubuh kokoh, Albin Granlund dan Robert Ivanov yang sama-sama mentas di Ekstraklasa atau kasta teratas Liga Polandia. Kehadiran keduanya dipastikan bakal membuat gawang Finlandia sulit ditembus tim lawan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%