Bola Internasional

Mengenang Kembali Aksi Andrey Arshavin Bersama Rusia di Euro 2008

Jumat, 4 Juni 2021 14:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Andrey Arshavin dalam upacara pengundian Final UEFA Euro 2020. Copyright: © Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Andrey Arshavin dalam upacara pengundian Final UEFA Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali sinar terang Andrey Arshavin yang mampu tampil apik bersama Rusia di Euro 2008 hingga menembus semifinal.

Euro menjadi salah satu kompetisi empat tahunan yang ditunggu pecinta sepak bola. Banyaknya bintang yang ada di dalamnya menjadikan kompetisi ini sebagai kompetisi antar negara terbaik kedua setelah Piala Dunia.

Euro sendiri digelar pertama kali pada 1960 oleh UEFA. Sebelum bernama Euro, ajang ini bernama Piala Negara-negara Eropa.

Pada 1968, UEFA pun mengubah namanya menjadi Euro dan dibarengi dengan tahun sebagai identitas gelaran tersebut seperti Euro 2008, Euro 2012, dan Euro 2014.

Setiap negara yang berada di bawah naungan UEFA pun harus menjalani kualifikasi sebelum melakoni babak final nantinya. Untuk Euro 2020 tahun ini, ada 24 negara yang akan memainkan babak final pada 11 Juni mendatang.

Dengan fakta bahwa sepak bola Eropa menjadi kiblat sepak bola dunia saat ini, Euro pun ikut naik pamor. Sebab, banyak bintang-bintang ternama bermain di dalamnya.

Tak hanya melulu soal bintang yang telah menancapkan namanya di panggung dunia, Euro kadang kala juga menjadi ajang lahirnya bintang anyar.

Salah satunya adalah Andrey Arshavin dari Rusia. Lewat Euro 2008, ia menancapkan namanya di sepak bola dunia berkat aksi briliannya selama gelaran tersebut.

Meski tak mampu meraih gelar di Euro 2008, penampilan Arshavin kala itu mampu menarik minat banyak tim, hingga pada akhirnya Arsenal lah yang berhasil mendapatkan jasanya.

Untuk itu, ada baiknya mengenang kembali aksi Andrey Arshavin di Euro 2008 bersama Si Beruang Merah, Rusia.