Bola Internasional

Profil Tim Euro 2020: Swedia

Jumat, 4 Juni 2021 19:21 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Swedia di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Swedia di Euro 2020.

INDOSPORT.COMTimnas Swedia menjadi salah satu peserta yang akan tampil untuk memperebutkan tiket menuju babak 16 besar Euro 2020.

Timnas Swedia tergabung dengan Grup E di kompetisi bergengsi Euro 2020, bersama lawan berat lainnya yakni Spanyol, Polandia dan Slovakia.

Periode ini akan menjadi tahun keenam bagi Timnas berjuluk Si Biru-Kuning berpartisipasi di ajang Euro sejak pertama kali tampil pada 1992 sebagai tuan rumah.

Swedia sebelumnya tampil cukup apik di babak kualifikasi dengan tergabung di Grup F bersama Spanyol, Rumania, Norwegia, Kepulauan Faroe dan Malta.

Tim besutan Janne Anderson ini keluar sebagai runner-up grup F di bawa Spanyol dengan meraih 21 poin yang didapatkannya dari catatan enam kemenangan, tiga imbang dan sekali kalah saat melawan Matador dengan skor 0-3.

Kemudian Swedia memang tak diunggulkan di fase grup E Euro 2020. Namun bukan berarti Victor Lindelof dkk bisa dianggap remeh begitu saja.

Pasalnya kiprah Swedia di panggung internasional tak begitu buruk. Diajang Euro sendiri mereka sempat mencapai babak semifinal saat pertama kali berpartisipasi dan menjadi tuan rumah pada 1992 dan tersingkir setelah kalah 2-3 atas Jerman.

Kemudian juga sempat mencapai babak perempatfinal, namun kembali tersingkir setelah kalah adu penalti 4-5 dari Belanda pada Euro 2004 silam.

Meski setelah itu dalam tiga edisi terakhir selalu tersingkir di babak grup, namun Swedia bisa saja bangkit saat berada di bawah asuhan Jane Andersson, yang memiliki pengalaman dengan mengantarkan timnya hingga perempat final Piala Dunia 2018 kemarin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%