Liga Indonesia

PSSI Resmi Pulangkan Ryuji Utomo dari Timnas Indonesia

Senin, 7 Juni 2021 12:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jelang laga Timnas Indonesia melawan Vietnam, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memulangkan satu pemain. Ia adalah bek Ryuji Utomo.

Ryuji terpaksa dipulangkan ke Indonesia lantaran masih mengalami cedera. Bila dipaksakan hak tersebut justru membahayakan karier Ryuji.

Pemulangan Ryuji diumumkan PSSI dalam pernyataan resminya. Ryuji dipulangkan lantaran cedera yang dialaminya tidak memungkinkan untuk tampil di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Dalam tim terlihat Ryuji Utomo tidak ikut berlatih. Ia dipulangkan karena cedera," demikian pernyataan resmi PSSI dikutip dari laman resmi federasi, Senin (07/06/21).

"Ryuji cedera dan belum dapat pulih sepenuhnya. Ini akan beresiko jika dipaksakan," sambungnya

Ryuji memang termasuk dalam pemain yang diboyong Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan di Dubai. Namun sejak dua laga uji coba dan satu laga kualifikasi Piala Dunia, Ryuji belum bermain.

Terkait pemulangan dirinya, Ryuji pun menaruh kecewa. Namun dia tidak bisa berbuat banyak demi kesembuhan dirinya.

"Setelah bergabung latihan dalam training camp dan melakukan dua kali pemeriksaan MRI dan juga USG, diputuskan bahwa saya belum bisa memperkuat timnas pada ajang ini. Masih terdapat tear (robekan) pada hamstring saya yang belum pulih 100 persen, yang berisiko jika dipaksakan," ujar Ryuji Utomo.

"Sebagai anak Indonesia tentu saya kecewa dan sedih tidak dapat memperkuat timnas di ajang ini, karena pastinya memperkuat timnas selalu menjadi mimpi saya."

"Tapi sebagai atlet profesional saya harus menerima dan memahami keadaan ini untuk kebaikan pemulihan kondisi saya," jelasnya.