Bola Internasional

3 Penyebab Kekalahan Telak Timnas Indonesia dari Vietnam, Apa Saja?

Selasa, 8 Juni 2021 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dipaksa takluk 0-4 dari Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Senin (7/6/21). Banyak kesalahan yang dilakukan skuat Garuda sehingga dihukum empat gol tanpa balas.

Indonesia sebenarnya bermain rapih di babak pertama dan membuat Vietnam kesulitan menciptakan peluang. Namun, permainan terbuka di babak kedua lantas dimanfaatkan dengan baik oleh Vietnam.

Berdasarkan statistik, Vietnam menguasai bola sebanyak 67 persen dan menciptakan tujuh tembakan ke gawang, berbanding terbalik dengan Indonesia yang hanya membuat satu shot on target. 

Berdasarkan statistik dan hasil pengamatan laga semalam, INDOSPORT mencoba untuk menganalisa sejumlah kekurangan serta penyebab kekalahan timnas Indonesia dari Vietnam.

1. Kehilangan Sosok Gelandang Bertahan

Rachmat Irianto yang diplot pada pos gelandang bertahan tampaknya tak maksimal menggantikan peran Kadek Agung yang tampil bagus saat melawan Thailand. 

Rian sering melakukan kesalahan operan dan kerap dilewati pemain Vietnam. Pemain milik Persebaya Surabaya itu terlihat grogi, tidak tenang dan buru-buru mengoper tanpa melihat posisi rekan setim.

Rian tak memberikan kenyamanan untuk lini belakang, apalagi memudahkan kinerja Evan Dimas serta Syahrian Abimanyu. Nama terakhir bahkan harus berjibaku dan bermain lebih bertahan untuk menghalau serangan Vietnam.

Puncaknya, Rachmat Irianto ditarik keluar dan digantikan Kadek Agung pada menit ke-80, dalam keadaan Indonesia sudah tertinggal 0-4. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%