Bola Internasional

Ada Pemenang Ballon d'Or, 5 Bintang yang Berpotensi Pensiun Usai Euro 2020

Sabtu, 12 Juni 2021 20:42 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis:Heru/Indosport.com
Euro 2020 telah dimulai pada Sabtu (12/06/21) dini hari WIB. Berikut ini 5 bintang yang berpotensi pensiun dari timnas masing-masing usai gelaran 4 tahunan itu. Copyright: © Grafis:Heru/Indosport.com
Euro 2020 telah dimulai pada Sabtu (12/06/21) dini hari WIB. Berikut ini 5 bintang yang berpotensi pensiun dari timnas masing-masing usai gelaran 4 tahunan itu.

INDOSPORT.COM Euro 2020 telah dimulai pada Sabtu (12/06/21) dini hari WIB. Berikut ini 5 bintang yang berpotensi pensiun dari timnas masing-masing usai gelaran 4 tahunan itu.

Euro 2020 alias Piala Eropa akhirnya dimulai setelah sempat tertunda 1 tahun karena pandemi Covid-19. Ajang 4 tahunan itu dibuka oleh duel Turki vs Italia, Sabtu (12/06/21) yang dimenangi Gli Azzurri dengan skor telak 3-0.

Ajang ini pun akan menjadi panggung bagi sejumlah bintang muda yang tampil gemilang sepanjang musim lalu, misalnya Phil Foden dan Jude Bellingham dari Inggris, ataupun Kylian Mbappe dari Prancis.

Meski demikian, ada pula sejumlah bintang veteran yang masih menjadi bagian penting dari timnas masing-masing.

Di sisi lain, Euro 2020 ini pun berpotensi akan menjadi ajang internasional terakhir bagi sejumlah bintang. Salah satu yang santer disebut akan pensiun usai gelaran ini adalah Gareth Bale, bintang andalan Wales, meski kabar itu kemudian dibantah sang agen.

Namun, bukan tidak mungkin gelaran Piala Eropa ini akan menjadi penampilan terakhir sejumlah bintang, setidaknya di level internasional bersama timnas masing-masing, berkat usia yang semakin tua.

Lantas, siapa saja bintang yang berpotensi gantung sepatu dari timnas masing-masing usai Euro 2020 ini? Berikut ini ulasannya:

5. Yuri Zhirkov (Rusia)

© Getty Images
Yuri Zhirkov di Timnas Rusia Piala Dunia 2018. Copyright: Getty ImagesYuri Zhirkov pemain Timnas Rusia 

Berusia 37 tahun, Yuri Zhirkov menjadi pemain tertua dalam skuat Rusia di Euro 2020, yang merupakan kesempatan keempatnya tampil di ajang tertinggi sepak bola Eropa ini. Zhirkov sendiri sudah 16 tahun membela timnas Rusia dan mencatatkan 104 penampilan.

Meski masih menjadi pilihan utama di sektor bek kiri Rusia dan hanya 1 kali absen dalam 10 laga terakhir tim Beruang Merah, dengan usianya yang sudah 37 tahun, Euro 2020 ini kemungkinan besar akan menjadi penampilan terakhirnya di pentas internasional.

4. Jose Fonte (Portugal)

Tampil gemilang sebagai kapten Lille musim lalu dengan catatan 43 penampilan di semua kompetisi dan membawa tim tersebut menjadi juara Ligue 1 Prancis 2020/2021, Jose Fonte pun sukses menembus timnas Portugal di Euro 2020.

Namun, dengan usianya yang sudah 37 tahun dan fakta bahwa ia tak pernah benar-benar jadi pilihan utama di lini belakang Seleccao das Quinas, serta munculnya bek muda berbakat seperti Ruben Dias, Jose Fonte berpeluang pensiun dari timnas usai ajang ini untuk lebih fokus dalam kariernya di level klub.