Bola Internasional

5 Fakta Menarik Jelang Duel Sengit Inggris vs Kroasia di Grup D Euro 2020

Minggu, 13 Juni 2021 10:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Inggris akan bertemu Kroasia di laga pertama Grup D Euro 2020, Minggu (13/06/21) malam. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Inggris akan bertemu Kroasia di laga pertama Grup D Euro 2020, Minggu (13/06/21) malam.

INDOSPORT.COM - Menjelang laga Inggris vs Kroasia di penyisihan grup D Euro 2020, kami pun telah menghimpun sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

Inggris akan bertemu Kroasia di laga pertama Grup D Euro 2020, Minggu (13/06/21) malam. Berikut 3 bintang Vatreni yang bisa hadirkan kekalahan pada Tiga Singa.

Sempat tertunda akibat pandemi COVID-19, Euro 2020 alias Piala Eropa 2020 akhirnya dibuka Sabtu (12/06/21) pukul 02.00 WIB, melalui laga Turki vs Italia yang dimenangi Gli Azzurri dengan skor telak 0-3.

Seusai laga pembuka itu, sejumlah laga seru lain sudah menanti, di antaranya laga pertama Grup D yang mempertemukan antara Inggris vs Kroasia, yang digelar Minggu (13/06/21) malam pukul 20.00 WIB.

Berstatus sebagai dua tim terkuat di Grup yang juga berisikan Republik Ceko dan Skotlandia, duel tim Tiga Singa vs Vatreni ini jelas menjanjikan keseruan. Apalagi, kedua tim kerap bertemu dalam beberapa waktu terakhir dan saling berbalas kemenangan.

Seperti diketahui, pada Piala Dunia 2018 Inggris disingkirkan Kroasia 1-2 di babak semifinal. Namun, tim asuhan Harry Kane dkk membalas dengan meraih 1 kemenangan dan 1 seri di Nations League 2018 lalu.

Dalam hal performa, tim Tiga Singa berhasil meraih 8 kemenangan dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi, meski 7 dari 8 kemenangan itu diraih atas tim selevel di bawah mereka. Sementara itu, performa Vatreni tengah menurun dengan menelan 6 kekalahan dari 10 pertandingan terakhir.

Berstatus sebagai salah satu kandidat juara, Inggris tentu ingin meraih hasil apik di laga ini demi menjaga peluang ke babak gugur. Meski demikian, mengalahkan Kroasia tetaplah bukan tugas mudah.

Menjelang laga kedua tim, kami pun telah menghimpun sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Inggris dalam Tren Bagus

Sebelum Euro 2020 dan menghadapi Kroasia, Timnas Inggrs tengah dalam tren bagus. Tim Tiga Singa berhasil meraih 8 kemenangan dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi

Meski 7 dari 8 kemenangan itu diraih atas tim selevel di bawah mereka, tetap saja Inggris mencatatkan persentasi kemenangan yang bagus. Inggris juga mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2020 sebagai juara grup. 

Melawan Kroasia, Inggris menjadi tim unggulan. Sebab, tren Kroasia dalam setahun terakhir ini tidak sebaik Inggris. 

2. Kroasia Inkonsisten

Kebalikannya dari Inggris, Kroasia justru sedang dalam tren biasa-biasa saja. Performa mereka cenderung naik-turun. 

Pada babak kualifikasi Piala Eropa, mereka berhasil menjadi juara grup, tetapi harus melalui perjuangan yang berat. 

Jika melihat statistik keseluruhan mereka dari 10 laga terakhir, performa Vatreni sangat menurun dengan menelan 6 kekalahan dari 10 pertandingan yang dilakoni. Kekalahan itu termasuk diderita dari Inggris di ajang UEFA Nations League. 

3. Head-to-head Kedua Tim

Sepanjang sejarah, Inggris dan Kroasia sudah bertemu 10 kali di ajang resmi. Dari jumlah itu Inggris masih lebih dominan. 

The Three Lions meraih 5 kemenangan dan sukses mencetak 21 gol. Sementara Kroasia hanya meraih 3 kemenangan dan mencetak 13 gol. Dua laga sisanya berakhir imbang. 

Secara tren dan head-to-head, Timnas Inggris tengah unggul dari Kroasia untuk saat ini. Meski begitu, bukan tak mungkin Kroasia akan mencuri kemenangan seperti di semifinal Piala Dunia 2018 lalu.