Bola Internasional

Menangi Partai Pembuka Euro 2020, Timnas Inggris Sukses Akhiri Kutukan

Senin, 14 Juni 2021 14:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Carl Recine - Pool/Getty Images
Timnas Inggris merayakan gol ke gawang Kroasia dalam laga pembuka Grup B Euro 2020. Copyright: © Carl Recine - Pool/Getty Images
Timnas Inggris merayakan gol ke gawang Kroasia dalam laga pembuka Grup B Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Timnas Inggris mengawali Euro 2020 dengan kemenangan atas Kroasia. Kemenangan ini sekaligus membuat Inggris mengakhiri kutukan.

Timnas Inggris berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor tipis 1-0 untuk memenangkan laga pertama grup D yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (14/06/21) malam WIB.

Satu-satunya gol yang tercipta di laga grup D Euro 2020, Timnas Inggris vs Kroasia dilesakkan oleh Raheem Sterling pada menit ke-57.

Meski hanya menang dengan skor tipis, namun hasil ini cukup untuk membawa tim asuhan Gareth Southgate memimpin klasemen sementara grup D. 

Selain itu, menurut data dari Opta Joe  di akun Twitter, Harry Kane dkk berhasil mengakhiri kututan sebagai tim yang selalu gagal memenangkan laga pembuka turnamen Eropa.

Seperti diketahui, Timnas Inggris memang belum pernah memenangkan satu pun laga pembuka di  turnamen Kejuaraan Eropa. Dari sembilan kesempatan, Inggris hanya imbang lima kali dan empat sisanya kalah.

Atas hasil ini pula, Inggris mampu memperpanjang rekor tak pernah kalah di Stadion Wembley dalam turnamen besar, dengan kini telah menang 8 kali, seri 4 kali dari 12 laga.

Menariknya, kemenangan ini juga mengakhiri tren Luka Modric yang tak terkalahkan dalam lima pembuka Euro mereka. Kroasia telah menang empat kali dan imbang sekali.