Liga Indonesia

Menpora: Almarhum Markis Kido Harus jadi Inspirasi Atlet Muda

Rabu, 16 Juni 2021 17:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© LAURENT FIEVET/AFP via Getty Images
Markis Kido, Pahlawan Bulutangkis Indonesia di Olimpiade yang Meninggal Dunia, Senin (14/06/21) malam. Copyright: © LAURENT FIEVET/AFP via Getty Images
Markis Kido, Pahlawan Bulutangkis Indonesia di Olimpiade yang Meninggal Dunia, Senin (14/06/21) malam.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan takziah ke rumah almarhum mantan pebulu tangkis Markis Kido Rabu (16/06/21) pagi tadi. Dalam kesempatan itu, Menpora menyatakan Markis Kido adalah sosok yang patut diteladani.

Menpora Amali yang datang mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas wafatnya Markis Kido. Bangsa Indonesia disebut kehilangan salah satu legenda dalam dunia olahraga.

"Saya ingin menyampaikan rasa duka yang mendalam dari pemerintah dan juga saya ingin menyampaikan salam sekaligus salam duka dari Bapak Presiden, Pak Jokowi. Beliau menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga," kata Menpora Amali di lokasi. 

Menurut Menpora, kepergian Markis Kido menyisahkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Almarhum tak hanya berprestasi di lapangan tapi juga dikenal sebagai sosok yang baik.

Saat aktif bermain, Markis Kido merupakan juara dunia tahun 2007 dan meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008. Pada tahun 2010, Kido juga sukses merebut medali emas di Asian Games yang berlangsung di Guangzhou, China bersama Hendra Setiawan di ganda putera.

"Saya kira itu satu prestasi yang luar biasa. Karena itu, sekali lagi pemerintah sangat berterima kasih kepada pengabdian almarhum," ujar Menpora.