Bola Internasional

Waspada! Swedia Kuda Hitam Paling Berbahaya di Euro 2020

Jumat, 25 Juni 2021 16:48 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Swedia di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Swedia di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Diam-diam mematikan, hal inilah yang terjadi jika bertemu dengan tim kuda hitam dari Swedia di Euro 2020 ini.

Sejak awal kompetisi ini dimulai, sejumlah pengamat sepak bola tidak memperhitungkan Swedia bakal menjadi ancaman, terlebih sejak mereka dipastikan tidak akan diperkuat sang legenda, Zlatan Ibrahimovic.

Pengamat sepak bola lebih melihat tim yang bakal menjadi kuda hitam atau batu sandungan tim unggulan datang dari Turki, Skotlandia, Rusia, dan juga Polandia.

Namun siapa yang sangka, jika Swedia ternyata bisa menjadi kuda hitam paling berbahaya di Euro 2020 ini.

Sebab jika dibandingkan tim non unggulan lainnya, Swedia satu-satunya tim yang belum pernah merasakan kekalahan.

Bahkan, mereka mampu memegang puncak klasemen akhir Grup E Euro 2020, di mana Spanyol yang sebenarnya dijagokan menempati posisi mereka itu.

Sayangnya, meski lolos ke babak 16 besar, Spanyol justru tampil kurang meyakinkan selama bermain di fase grup.

Mereka tak mampu menembus solidnya lini pertahanan dari Swedia, bahkan mereka juga beberapa kali dibuat kerepotan kala mendapatkan serangan balik dari tim besutan Janne Andersson tersebut.

Selain berhasil menahan imbang Spanyol yang jauh diunggulkan dibanding mereka, Swedia juga berhasil memetik dua kemenangan saat melawan Slovakia dan Polandia.

Jika pada pertandingan pertama Spanyol ditahan imbang 0-0, maka di laga kedua mereka mampu menang dengan skor tipis 1-0 atas Slovakia melalui gol tunggal Emil Forsberg.

Lalu pada laga terakhir, mereka juga kembali melawan tim yang lebih diunggulkan, yakni Polandia karena diperkuat oleh salah satu striker terbaik di dunia, Robert Lewandowski.

Siapa yang sangka, jika Lewandowski cs justru dipaksa berlutut dengan skor 2-3 dan membuat mereka dipaksa angkat koper alias gagal lolos ke babak penyisihan karena hanya mampu mendapatkan satu poin.

Satu poin itu didapat saat bermain imbang melawan Spanyol pada laga kedua. Sedangkan saat melawan Slovakia di laga pembuka mereka kalah 1-2.

Posisi ketiga di klasemen akhir Grup E Euro 2020 ditempati oleh Slovakia dengan torehan tiga poin, di mana satu-satunya kemenangan didapatkan saat melawan Polandia, sedangkan saat menghadapi Spanyol dan Swedia mereka kalah.