Bola Internasional

Fakta Unik Usai Ukraina Menaklukan Swedia di Babak 16 Besar Euro 2020: Shevchenko Ukir Rekor Apik

Rabu, 30 Juni 2021 09:28 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Steve Bardens - UEFA/UEFA via Getty Images
Hasil Euro 2020: Swedia vs Ukraina Copyright: © Steve Bardens - UEFA/UEFA via Getty Images
Hasil Euro 2020: Swedia vs Ukraina

INDOSPORT.COM – Ukraina berhasil mencetak sejarah dengan melaju ke babak perempat final Euro 2020 usai mengandaskan Swedia, Rabu (30/06/21).

Andriy Shevchenko berhasil membawa Ukraina terus melaju di Euro 2020 pasca menyingkirkan Swedia dengan skor 2-1 di babak 16 besar.

Kemenangan Ukraina sendiri ditentukan hingga babak Extra Time, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Gol kemenangan tim berjuluk Zhovto-Blakytni ditentukan oleh Artem Dovbyk di perpanjangan waktu babak kedua Extra Time.

Pertandingan memang berjalan ketat sejak babak pertama. Tanda-tanda kemenangan Ukraina telah terlihat sejak awal saat Oleksandr Zinchenko mencetak gol di menit ke-27.

Setelah gol tersebut, Ukraina kian tampil trengginas dan berhasrat menambah keunggulan. Sayangnya, Swedia berhasil menyamakan kedudukan lewat Emil Forsberg di menit ke-43.

Pasca gol tersebut, pertandingan hampir berjalan seimbang. Dominasi Ukraina di babak kedua nyatanya tak mampu membongkar pertahanan rapat Swedia.

Pertandingan yang ketat ini pun memaksa kedua tim bermain di babak Extra Time. Namun gol penentu kemenangan baru hadir di menit ke-120+1 atau tambahan waktu di Extra Time kedua.

Artem Dovbyk mencetak golnya dengan tandukan memanfaatkan umpan silang Zinchenko. Gol tesebut pun lantas mengantarkan Ukrainake babak 8 besar.

Di balik heroiknya penampilan Ukraina hingga mampu mendepak Swedia dari Euro 2020, terdapat sederet fakta unik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rangkumannya.