Bola Internasional

Hasil Euro 2020 Swedia vs Ukraina: Tekel Horor Warnai Skuad Shevchenko ke 8 Besar

Rabu, 30 Juni 2021 04:46 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Steve Bardens - UEFA/UEFA via Getty Images
Hasil Euro 2020: Swedia vs Ukraina Copyright: © Steve Bardens - UEFA/UEFA via Getty Images
Hasil Euro 2020: Swedia vs Ukraina

INDOSPORT.COM – Hasil babak 16 besar Euro 2020 antara Swedia vs Ukraina pada Selasa Rabu (30/06/21) dini hari WIB, insiden tekel horor berujung kartu merah jadi penghantar keberhasilan Skuad Shevchenko ke perempat final.

Bertanding di stadion Hampden Park, timnas Swedia yang tampil impresif sepanjang babak penyisihan grup berusaha melanjutkan determinasi mereka saat hadapi kuda hitam Euro 2020, Ukraina.

Swedia tak banyak lakukan perubahan di daftar susunan pemain malam ini. Mereka masih menggunakan taktik 4-4-2, dengan mengandalkan duet Dejan Kulusevski serta Alexander Isak.

Alexander Isak menempati pos striker tunggal, sementera Dejan Kulusevski bermain sedikit kebelakang untuk menyambung aliran bola dari lini tengah.

Di kubu Ukraina, skuad arahan Shevchenko tersebut berisikan pemain yang tak kalah potensial. Roman Yaremchuk jadi tumpuan, setelah lesakkan dua gol ke gawang Belanda serta Makedonia Utara.

Sama-sama tampil ngotot sejak awal laga, baik Swedia maupun Ukraina berhasil saling balas serangan ke pertahanan lawan.

Pada menit ke-7’, Swedia punya peluang emas lebih dulu melalui tembakan Kulusevski. Tapi sayang, bola masih bisa di blok pemain belakang Ukraina Taras Stepanenko.

Memasuki pertengahan babak, Ukraina ganti balas menyerang. Sebuah penetrasi cepat dilakukan Yarmolenko yang kemudian melepas umpan silang ke dalam kotak penalti.

Disana, Zinchenko telah bersiap menerima bola dan langsung lepaskan tendangan voli ke bagian belakang gawang. Bola bisa disentuh penjaga gawang, tapi lajunya masih terlalu kencang. Skor berubah 0-1 untuk Ukraina.

Tertinggal lebih dulu, Swedia menaikkan tensi permainan. Usaha mereka untuk cepat menyamakan kedudukan pun akhirnya berhasil.

Beberapa menit jelang babak pertama berakhir, Emil Forsberg lakukan spekulasi dengan lepaskan tendangan dari jarak sekitar 25 yard.

Bola sempat mengenai pemain Ukraina, namun justru hasilkan defleksi dan masuk ke gawang. Skor sama kuat 1-1 dan bertahan hingga jeda turun minum.