Liga Indonesia

Dianggap Tak Urgensi, Menpora Akan Perketat Naturalisasi Pemain

Sabtu, 3 Juli 2021 14:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali menegaskan akan memperketat aturan terkait naturalisasi pemain di semua cabang olahraga. Copyright: © Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali menegaskan akan memperketat aturan terkait naturalisasi pemain di semua cabang olahraga.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan akan memperketat aturan terkait naturalisasi pemain di semua cabang olahraga. Dia ingin memanfaatkan potensi pemain lokal.

Hal itu disampaikan Menpora sekaligus menanggapi rencana PSSI yang ingin menaturalisasi pemain untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Zainudin menyatakan pemerintah akan mengkaji sejauh mana urgensi untuk proses naturalisasi, tak hanya sepak bola.

“Untuk naturalisasi akan saya perketat untuk semua cabang olahraga. Kita akan lihat seberapa besar urgensinya. Sebaiknya memanfaatkan potensi yang ada,” kata Menpora ke awak media.

Menpora Amali mengatakan pemerintah ingin membangun prestasi berdasarkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah disusun bersama stakeholder olahraga saat ini. Dia ingin ada proses jangka panjang untuk dunia olahraga Tanah Air. 

“Tidak boleh lagi kita mengharapkan prestasi secara instan, itu tidak bagus untuk pembinaan prestasi jangka panjang yang berkesinambungan,” tegasnya.