Bola Internasional

Luis Enrique Pamer Ketenangan Usai Spanyol Tekuk Swiss di Euro 2020

Sabtu, 3 Juli 2021 13:54 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. Copyright: © Oliver Hardt - UEFA/UEFA via Getty Images
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, mengaku tidak cemas saat negara besutannya harus menjalani adu penalti kontra Swiss di perempat final Euro 2020.

Pasalnya, ia menaruh kepercayaan penuh pada anak-anak asuhnya, bahwa mereka bisa menjalankan tugas dengan baik.

Usai hanya bisa bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu, Spanyol menunjukkan jika mereka punya kualitas lebih atas Swiss. La Furia Roja kemudian unggul 3-1 atas Rossocociati dalam adu sepakan 12 pas.

Kiper asal Athletic Bilbao, Unai Simon, jadi bintang untuk Tim Matador. Ia sukses menepis eksekusi beruntun Fabian Schar dan Manuel Akanji.

Praktis Spanyol yang sempat tertinggal karena tendangan Sergio Busquets mengenai tiang gawang terpompa kembali semangatnya. Sementara Swiss semakin panik sehingga algojo terakhir, Ruben Vargas, justru mengirim bola ke tribun penonton.

"Saat tiba saatnya adu penalti aku cukup tenang dan itu karena pemain-pemain sudah siap. Setelah penendang ditentukan semuanya juga percaya pada Unai," ujar Enrique ke Four Four Two.

"Pesan pada mereka hanya untuk menikmati momen. Start kami buruk tapi keadaan kemudian berbalik. Banyak yang bilang penalti itu adu keberuntungan tapi aku rasa tidak demikian," tambah eks pelatih AS Roma dan Barcelona ini.