Bola Internasional

Merek China Geser Coca Cola di Euro 2020, UEFA Beri Penjelasan

Senin, 5 Juli 2021 15:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Terdapat merek China dalam pertandingan Inggris vs Jerman. Copyright: © Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Terdapat merek China dalam pertandingan Inggris vs Jerman.

INDOSPORT.COM - Selalu ada sisi menarik dari penyelenggaraan Euro 2020, salah satunya banjirnya merek-merek China menghiasi turnamen terbesar di Eropa sukses menarik perhatian.

Diketahui, dalam pertandingan Inggris vs Jerman di Stadion Wembley pada babak 16 besar, merek-merek Eropa dan Amerika seperti Coca Cola yang mengelilingi stadion tidak terlihat lagi, digantikan dengan merek asal China.

Beberapa merek tersebut yaitu produsen elektronik HiSense, aplikasi video TikTok, produsen smartphone Vivo dan platform pembayaran AliPay.

Hal ini menjadi menarik lantaran sebagian merek tersebut tidak dikenal dan tidak beredar di Eropa, bahkan kebanyakan warga pun tak paham dengan narasi iklan berbahasa Mandarin.

Meskipun sebelumnya masih ada Coca Cola dan FedEx, namun perusahaan-perusahaan teknologi besar Amerika seperti Facebook, Google, dan Apple tampaknya tak tertarik untuk menajdi official partners UEFA di Euro 2020.

Sementara hanya produsen bir Heineken dan produsen otomatif Volkswagen yang mewakili merek Eropa.

Melansir dari BBC, UEFA menjawab bahwa tidak ada strategi atau perlakuan khusus terkait proses menjaring mitra resmi, dengan kata lain para sponsor ini berinisiatif mengajukan penawaran.

"Namun memang kami berkeinginan untuk menjangkau penonton secara global, demikian juga para pemilik jenama yang bergabung dengan program komersial kami,” bunyi pernyataan UEFA.