In-depth

Jorginho: Sang Profesor Italia dan Si Magnet Final Asal Brasil

Rabu, 7 Juli 2021 09:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter.com/Azzurri
Selebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020. Copyright: © Twitter.com/Azzurri
Selebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Jorginho menjadi penentu keberhasilan Italia melangkah ke final Euro 2020 usai menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti terakhir melawan Spanyol.

Italia dan para pendukungnya pantas memberikan penghargaan kepada Jorginho yang berhasil menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti dengan tenang dan membawa Gli Azzurri melangkah ke final Euro 2020.

Spanyol harus menerima langkahnya terhenti di babak semifinal Euro 2020 usai kalah lewat drama adu penalti dari Italia. Kekalahan ini terasa menyakitkan sebab La Furia Roja bermain mendominasi.

Sejak menit pertama, Spanyol mampu membuat Italia mati kutu dan tak mampu melepaskan tembakan tepat ke gawang di babak pertama.

Italia yang hanya mengandalkan serangan balik, mampu membuka keunggulan lewat Federico Chiesa di menit ke-60 yang membuat Spanyol terhenyak.

Pasca gol itu, Italia kembali bertahan untuk menahan gempuran Spanyol. Saat laga memasuki 10 menit terakhir waktu normal, La Furia Roja berhasil menyamakan kedudukan lewat pemain pengganti, Alvaro Morata.

Kedudukan imbang di waktu normal membuat laga berlanjut ke babak tambahan. Dalam 2 x 15 menit laga, tetap saja tak ada gol yang tercipta.

Alhasil, pemenang ditentukan lewat drama adu penalti. Penendang pertama Italia dan Spanyol, Manuel Locatelli dan Dani Olmo, sama-sama gagal menuntaskan tugasnya.

Selanjutnya, dua penendang Italia dan Spanyol berhasil menyelesaikan tugasnya. Saat penendang keempat Gli Azzurri yakni Federico Bernardeschi berhasil, Morata malah gagal menuntaskan tendangannya berkat aksi heroik Gianluigi Donnarumma.

Jorginho yang menjadi penendang terakhir Gli Azzurri pun dengan tenang mampu mengelabui Unai Simon dan menentukan kemenangan Italia.

Keberhasilan dan ketenangan Jorginho saat menjadi eksekutor terakhir pun membuat Italia melaju sekaligus membuat namanya kian dihargai oleh seluruh pecinta sepak bola.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%