Liga Indonesia

Punya Lisensi, Bek Persija Punya 'Agenda Terselubung' ke Angelo Alessio

Rabu, 7 Juli 2021 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© persija.id
Bek sayap kiri Persija Jakarta Tony Sucipto. Copyright: © persija.id
Bek sayap kiri Persija Jakarta Tony Sucipto.

INDOSPORT.COM - Bek senior Persija Jakarta, Tony Sucipto, sangat antusias dengan kehadiran pelatih baru, Angelo Alessio. Toncip, sapaannya, mengaku akan mencuri ilmu dari pelatih asal Italia itu.

Toncip punya agenda khusus karena tak mau menyia-nyiakan kesempatan belajar langsung dari Angelo. Apalagi, pelatihnya itu sudah malang-melintang seperti melatih di Chelsea hingga timnas Italia. 

Tony Sucipto memang ingin menjadi pelatih setelah gantung sepatu kelak. Saat ini, bek berusia 35 tahun itu sudah mengantongi lisensi C PSSI.

"Saya ingin mengambil hal-hal baik dari metode kepelatihan Angelo Alessio yang bisa saya terapkan ketika betul-betul menukangi sebuah tim. Hal serupa juga saya lakukan pada pelatih-pelatih sebelumnya,” kata Toncip.

Banyak hal yang dipelajari Toncip dari Angelo Alessio. Hal yang terlihat sederhana tapi sangat penting adalah bagaimana menyatukan pemain agar bermain sebagai keluarga.

"Beliau tidak mementingkan siapa. Tidak melihat nama besar pemain, tapi mampu melihat dalam kerangka yang lebih besar untuk kebaikan bersama,” ungkap Tony Sucipto.