In-depth

Kisah Perjalanan Inggris ke Final Euro 2020: Andil Regenerasi dan Perjudian Southgate

Jumat, 9 Juli 2021 09:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© ETTORE FERRARI/POOL/AFP via Getty Images
Tim nasional Inggris. Copyright: © ETTORE FERRARI/POOL/AFP via Getty Images
Tim nasional Inggris.

INDOSPORT.COM – Mengingat kembali kisah perjalanan Inggris hingga mampu menembus final Euro 2020 yang menjadi final kedua sepanjang sejarah The Three Lions.

Inggris memastikan diri lolos ke final Euro 2020 setelah mengandaskan Denmark di babak semifinal. Di partai puncak, The Three Lions akan menghadapi Italia.

Keberhasilan Inggris mencapai babak puncak Euro 2020 mengakhiri penantian panjang publik tanah Ratu Elizabeth akan final sejak 55 tahun silam.

Terakhir kali Inggris menembus final yakni pada tahun 1966 kala menjuarai Piala Dunia yang kebetulan digelar di Stadion Wembley, venue yang sama dengan final Euro 2020 nanti.

Perjalanan Inggris mencapai final Euro 2020 tak didapat dengan jalan mulus. Banyak tahapan serta jalan terjal dalam perjalanannya menembus final keduanya sepanjang sejarah.

Inggris dicap tak mumpuni untuk berkompetisi di pentas teratas internasional. Apalagi pasca penunjukkan Gareth Southgate yang merupakan pelatih U-21 The Three Lions.

Penunjukkan Southgate untuk menggantikan Roy Hodgson dan karier singkat Sam Allardyce, membuat banyak orang skeptis.

Pengalaman terbaik Southgate dalam melatih di level klub hanyalah saat menukangi Middlesbrough, tim yang terdegradasi di bawah arahannya pada 2009 silam.

Namun, perjudian Football Association (FA) dalam penunjukkannya berbuah manis. Southgate mampu memberikan kemajuan penting bagi Inggris di turnamen-turnamen besar.

Selain menunjukkan progres, Gareth Southgate juga merevolusi skuat tim nasional Inggris. Dari yang sebelumnya dihuni pemain tua berpengalaman, menjadi pemain muda haus gelar yang menjadi investasi jangka panjang.