Liga Indonesia

Sponsor Lari Buntut Liga 2 Ditunda, Sriwijaya FC Merugi Milyaran Rupiah

Minggu, 11 Juli 2021 19:35 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Official Sriwijaya FC
Latihan Sriwijaya FC. Copyright: © Official Sriwijaya FC
Latihan Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM - Kembali ditundanya kick-off Liga 2 sudah pasti berdampak buruk. Bukan hanya psikologis pemain dan waktu persiapan yang terbuang percuma, melainkan juga biaya dan sudah pasti klub-klub merugi secara finansial.

Sriwijaya FC sendiri merasakan langsung kerugian dari sisi keuangan akibat penundaan Liga 2. Tak tanggung-tanggung mengingat jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

“Pengeluaran untuk musim 2021 sudah Rp2,4 miliar untuk biaya akomodasi, kontrak pemain, pelatih, hingga ofisial,” kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid, Sabtu (9/7/21).

Bahkan, saat kompetisi Liga 2 terhenti di musim 2020, manajemen menelan kerugian mencapai Rp6 miliar. Artinya, total mereka merugi hingga Rp8,4 miliar jika digabungkan dengan tahun ini.

Dalam masa sulit ini, sponsor pun mulai pikir-pikir untuk dapat kembali memberikan suntikan dana segar kepada Sriwijaya FC. Mereka paham betul bahwa kompetisi Liga 2 ditunda.

Sejauh ini, sponsor-sponsor Sriwijaya FC itu hanya bersedia mengucurkan dana jika Liga 2 2021 bergulir. Namun, bila keadaan membuat kompetisi dihentikan permanen, dipastikan klub akan kehilangan pundi-pundi uang.

"Musim ini, Bank SumselBabel sudah memberikan sinyal tidak berani mengeluarkan dana Rp5 miliar seperti musim lalu, namun kami tetap berharap dengan dukungan sponsor. Dengan pengunduran jadwal Liga 2, masalah sponsor semua masih proses," cetus Faisal Mursyid.