Liga Indonesia

Calon Stadion Persija, JIS Kantongi Sertifikat Gedung Ramah Lingkungan

Jumat, 16 Juli 2021 14:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Pribadi JIS
Jakarta Internasional Stadium (JIS). Copyright: © Dok. Pribadi JIS
Jakarta Internasional Stadium (JIS).

INDOSPORT.COM - Calon stadion Persija Jakarta, Jakarta International Stadium (JIS) meraih skor greenship platinum level untuk design and build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Artinya, JIS merupakan bangunan ramah lingkungan. 

Adapun penilaian Greenship level platinum pada Design Recognition disandarkan kepada enam parameter Greenship yaitu Appropriate Site Development (ASD) yang memperoleh poin reverifikasinya sebesar 12 dan Energy Efficiency and Conservation (EEC) mendapatkan poin 24.

Ada lagi Water Conservation (WAC) memperoleh poin 18, Material Resources and Cycle (MRC) meraih 2 poin, Indoor Health and Comfort (IHC) mendapatkan 4 poin, dan Building Environment Management (BEM) memperoleh 3 poin. 

Berdasarkan hasil assessment sertifikasi atau Greenship level platinum pada Design Recognition, secara keseluruhan aspek penilaian Jakarta International Stadium memperoleh skor 91.

Menurut International & Government Relations Director of Green Building, Tiyok Prasetyoadi, JIS merupakan ruang publik pertama di Indonesia yang menggusung konsep green building. Diharapkan, hal itu akan memicu kawasan publik lain di Indonesia untuk menerapkan green building.

"Green building tidak tanya bangunan, tapi juga merubah mindset dan merubah pola perilakunya masyarakat," ujarnya dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Jumat (16/7/21).