Bola Internasional

5 Pelaku Rasisme terhadap Marcus Rashford dkk. Diciduk Kepolisian Inggris

Jumat, 16 Juli 2021 19:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Football London
Bukayo Saka dan Jack Grealish, dua penggawa Timnas Inggris di Euro 2020 Copyright: © Football London
Bukayo Saka dan Jack Grealish, dua penggawa Timnas Inggris di Euro 2020

INDOSPORT.COM - Penyelidikan pihak kepolisian Inggris untuk kasus rasisme yang memakan korban pemain timnas Inggris akhirnya berbuah hasil. Empat hari pasca-final Euro 2020, lima orang dilaporkan sudah ditahan.

Penangkapan di lakukan setelah pihak berwajib melacak para pelaku dengan bantuan unggahan mereka sendiri yang mengincar Jadon Sancho, Bukayo Saka, dan Marcus Rashford. Tindakan polisi disebut tidak akan berhenti sampai di sini.

Perdana menteri Inggris, Boris Johnson, sudah mengimbau agar pemberantasan tindak rasisme daring digalakkan. Salah satu usaha mereka adalah dengan mendenda jejaring sosial yang lamban berkooperasi untuk menghapus unggahan tidak patut.

"Investigasi untuk kasus ujaran kebencian sudah dilakukan oleh tim dengan menulusuri laporan dalam jumlah besar dari seluruh penjuru Inggris. Pihak media sosial sudah diberi info dan hasilnya lima orang kini ditahan," tulis kepolisian dalam pernyataan resmi mereka.

Kasus rasisme pada pesepak bola di Inggris sudah bukan barang baru. Justru karena memang sudah kadung mengakar membuat pemberantasannya begitu sulit.

Diskriminasi warna kulit yang menimpa Jadon Sancho, Bukayo Saka, dan Marcus Rashford disebut tidak akan terjadi apabila otoritas yang berwenang tegas dalam mengambil sikap.