Bola Internasional

Tersisih di Timnas Inggris, Winger Chelsea Siap Ganti Paspor?

Jumat, 16 Juli 2021 17:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chriss Brunskill/GettyImages
Pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, siap berganti paspor setelah tersisih di Timnas Inggris? Copyright: © Chriss Brunskill/GettyImages
Pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, siap berganti paspor setelah tersisih di Timnas Inggris?

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris tampaknya bakal kehilangan salah satu opsi belia mereka di lini depan usai Callum Hudson-Odoi dikabarkan akan beralih membela Ghana.

Keputusan ini diambil Hudson-Odoi setelah tidak kunjung menembus tim inti Inggris yang diasuh oleh Gareth Southgate. Sejak 2019, ia baru mendapatkan tiga caps bersama The Three Lions.

Padahal, karier Hudson-Odoi untuk penyerang sayap kiri kelahiran London ini bersama Inggris diprediksi bakal gemilang. Southgate pun mengaku jika ia terkesima dengan performa pemain milik Chelsea ini saat memanggilnya untuk menjalani kualifikasi Euro 2020.

Saat debut sebagai pemain pengganti pada Maret 2019, waktu Republik Ceko bertandang ke Wembley, Hudson-Odoi jadi penggawa termuda Inggris yang memainkan partai kompetitif. Saat itu, ia menggusur rekor Duncan Edwards (18 tahun 135 hari).

Tiga hari berselang, putra pesepak bola Ghana, Bismark Odoi, ini juga punya catatan spesial. Dengan menjadi starter melawan Montenegro, ia jadi pemain terhijau kedua setelah Wayne Rooney pada 2003 yang bermain sejak menit awal bersama Tiga Singa.

Di laga tersebut, ia juga mengemas satu assist.

Sayang setelah momen tersebut, ia tidak lagi banyak terlibat. Saat Timnas Inggris meraih juara kedua di Euro 2020, Southgate lebih memilih Bukayo Saka, Marcus Rashford, Raheem Sterling, dan Jadon Sancho sebagai sayap timnya.

Sementara itu, Hudson-Odoi bahkan sampai harus turun level ke tim U-21 lagi. Mengenai rencana untuk berganti paspor, FIFA masih boleh mengizinkan Hudson-Odoi untuk menjadi warga negara Ghana.

Pasalnya, ia belum melebihi batas tiga penampilan di partai resmi. Usianya saat bertanding pun masih tergolong muda karena kini sang pemain baru berumur 20 tahun.

Seperti diwartakan Sky Sports, yang perlu dilakukan Hudson-Odoi saat ini adalah tinggal menunggu batas waktu tiga tahun dari caps terakhir bersama Timnas Inggris.

Jika mau bersabar, ia bisa memperkuat The Black Star, julukan Timnas Ghana, beberapa minggu jelang pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%