Liga Indonesia

Sejarawan Malang Jelaskan Makna Relief Candi dalam Desain Jersey Arema FC

Selasa, 17 Agustus 2021 18:55 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sejarawan Malang, Dwi Cahyono mempresentasikan konsep desain relief candi Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sejarawan Malang, Dwi Cahyono mempresentasikan konsep desain relief candi

INDOSPORT.COM - Penyematan desain khusus berupa relief dinding candi menjadi latar utama pada bagian depan jersey kandang terbaru Arema FC untuk mengarungi BRI Liga 1 2021-2022.

Sejak memulai perjalanan musim ini, tim Singo Edan memang mengusung tema "Land of fighter". Artinya tak lain adalah Malang sebagai tanah kelahiran para petarung.

Sehingga, ada unsur jejak peradaban para ksatria di Malang yang pernah eksis berabad-abad lampau. Sehingga, relief candi pun dipilih sebagai latar desain utama jersey.

"Candi Badut adalah peninggalan sejarah kerajaan tersohor di Malang, yaitu Kanjuruhan," kata sejarawan Dwi Cahyono membuka rilis presentasi di hadapan awak media, Selasa (17/8/21).

Sehingga, dosen di Universitas Negeri Malang itu memberi apresiasi tinggi dalam keterlibatan untuk andil dalam melestarikan budaya dan sejarah peradaban di Malang.

"Konsep jersey ini adalah kultural dengan lintas masa. Harapannya, Arema tidak hanya menjadi identitas Malang, tapi juga kebanggaan Indonesia," sambung dia.