Liga Inggris

Terungkap, Bintang Arsenal Ini Jadi Pemain Liga Inggris Pertama yang Menolak Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 September 2021 14:03 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Getty Images/Alex Livesey
Granit Xhaka berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle. Copyright: © Getty Images/Alex Livesey
Granit Xhaka berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle.

INDOSPORT.COM - Pemain tim Liga Inggris Arsenal, Granit Xhaka menolak untuk divaksinasi Covid-19. Bintang Timnas Swiss ini belakangan diketahui positif terkena virus corona.

"Granit Xhaka tidak mau divaksinasi," kata kepala komunikasi federasi sepak bola Swiss, Adrian Arnold, seperti dikutip dari Blick

“Kami memang menyerahkan masalah vaksin ini kepada masing-masing pemain. Ini adalah keputusan pribadi setiap pemain – sama seperti orang lain di Swiss.”

Belakangan, Xhaka diketahui positif Covid-19 yang membuatnya harus absen membela negaranya melawan Yunani pada laga persahabatan melawan Yunani kemarin, Kamis (2/9/2021) dini hari. 

Tim medis melihat ada gejala Covid pada dirinya setelah dilakukan tes PCR pada pemain 28 tahun itu yang akhirnya diketahui positif. Kemudian sang pemain langsung menjalani isolasi. 

“Sejatinya kami telah mengeluarkan rekomendasi agar semua orang mau divaksinasi. Tapi dia memutuskan untuk dirinya sendiri secara pribadi. Dan itu juga haknya untuk tidak divaksinasi,” ujar Adrian. 

Tim dokter Timnas Swiss tak melakukan tracing pada rekan-rekannya karena memang tak kontak antar pemain sepanjang hari. Para pemain Timnas Swiss lainnya juga sudah divaksinasi. 

“Semua pemain lain di tim telah divaksinasi atau telah pulih (dari Covid-19). Jadi mereka kurang lebih aman, setidaknya dari sudut pandang medis,” katanya.