In-depth

Jean-Alain Boumsong, Penguras Dompet Juventus Saat Main di Serie B

Sabtu, 11 September 2021 17:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© mitidelcalcio
Jean-Alain Boumsong saat berseragam Juventus. Copyright: © mitidelcalcio
Jean-Alain Boumsong saat berseragam Juventus.

INDOSPORT.COM - Mengingat masa-masa Jean-Alain Boumsong saat berseragam Juventus di Serie B Liga Italia dam selama periode 2006-2008.

Dikenal luas sebagai pemain Newcastle United, Jean-Alain Boumsong memilih hengkang ke Juventus yang terdegradasi ke Serie B Liga Italia.

Kesepakatan tersebut terjalin pada Agustus 2006. Sebulan kemudian, ia menorehkan gol pertamanya untuk Si Nyonya Tua dalam sebuah pertandingan kontra Crotone.

Tahun 2006 memang bisa dibilang salah satu masa terberat Juventus saat berlaga di Liga Italia karena terseret kasus calciopoli.

Buntutnya, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pada akhirnya menjatuhkan sanksi berat berupa pencopotan dua titel scudetto (2004-2005, 2005-2006) sekaligus menjebloskan Si Nyonya Tua ke Serie B Liga Italia.

Padahal, Juventus merupakan klub Italia yang tak pernah terdegradasi dan memegang rekor terlama berada di kasta tertinggi kompetisi (106 tahun).

Tentu, keputusan ini terasa sangat berat, apalagi ketika harus memulai kompetisi dengan defisit 17 poin. Namun mau tidak mau, Juventus harus menjalani hukuman tersebut dan berusaha beradaptasi dengan atmosfer Serie B.

Kedatangan Jean-Alain Boumsong ke Juventus saat itu bak angin segar bagi klub, mengingat ada banyak pemain yang hengkang usai tim dipastikan bermain di liga kasta kedua Italia.

Sebut saja Fabio Cannavaro dan Emerson yang memilih pergi ke Real Madrid, Zlatan Ibrahimovic dan Patrick Vieira ke ke Inter Milan, lalu Adrian Mutu ke Fiorentina, dan tidak ketinggalan Gianluca Zambrotta ke Barcelona.

Namun terlepas dari nama-nama di atas, sejumlah pemain Juventus juga ada tetap tinggal dan berjuang demi kembali ke panggung mereka yang sebenarnya, Serie A Liga Italia, seperti Alessandro Del Piero dan Gianluigi Buffon.

Kekuatan skuat yang ditinggal beberapa amunisi pun diisi kembali dengan kedatangan Jean-Alain Boumsong, Claudio Marchisio, dan beberapa pemain lain.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%