Liga Indonesia

Kualitas Wasit Liga 1 jadi Sorotan, Menpora dan Iwan Bule Beri Peringatan

Selasa, 14 September 2021 17:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan angkat bicara soal kualitas wasit Liga 1. Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan angkat bicara soal kualitas wasit Liga 1.

INDOSPORT.COM - Performa wasit di dua pekan awal Liga 1 2021/22 jadi sorotan, lantaran ada sejumlah keputusan yang dinilai kurang tepat. Hal itu membuat Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan angkat bicara.

Menpora meminta wasit yang memimpin pertandingan berlaku netral dan adil. Hal tak jauh berbeda juga ditegaskan ke pemain agar bertanding secara sportif.

“Sebagaimana yang kita saksikan, semua berjalan sesuai harapan kita. Kompetisi terhenti sudah lama dan baru dimulai lagi, misalnya wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan, saya kira harus adil," kata Menpora, Zainudin Amali.

"Kemudian juga dengan pemain, mereka sudah lama tidak merasakan atmosfer pertandingan. Saya harap kedisiplinan ini harus tetap terjaga" lanjutnya.

Pada pekan kedua, pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster mengkritik kinerja wasit garis karena mengesahkan gol Arema FC yang terlebih dahulu terperangkap offside. Dia menilai tak.ada peningkatan kualitas wasit dalam dua musim terakhir.