Liga Indonesia

3 Rahasia Risto Vidakovic, Pelatih Baru Borneo FC di Liga 1 2021

Minggu, 3 Oktober 2021 21:10 WIB
Editor: Juni Adi
© Cerese Negros FC Facebook page
Risto Vidakovic resmi tangani Borneo FC. Copyright: © Cerese Negros FC Facebook page
Risto Vidakovic resmi tangani Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 2021, Borneo FC, secara resmi mengumumkan pelatih kepala baru, Risto Vidakovic, menggantikan posisi Mario Gomez yang hengkang bulan lalu.

Kabar gembira ini diumumkan langsung oleh pihak manajemen Borneo FC Samarinda pada hari Minggu (03/10/21) melalui akun Instagram-nya.

Di dalam postingannya, Borneo FC memperkenalkan sosok Risto Vidakovic melalui sebuah video singkat yang menceritakan klub ketika mendatangkan pelatih asal Serbia ini.

“Dobrodosli, Treneru Risto, kita umumkan dengan bismillah, selamat datang pelatih kepala baru. MANYALA,” tulis Borneo FC pada postingan tersebut.

Melansir dari laman resmi klub, pelatih berkebangsaan Serbia tersebut sepakat mengikat kontrak kerja sama berdurasi satu musim dengan opsi perpanjangan.

Dengan segudang pengalaman dan mental juaranya tersebut, Vidakovic diharapkan mampu mendongkrak kualitas skuat Pesut Etam sehingga bisa bersaing di Liga 1 musim ini.

“Kita ingin lebih baik, kehadiran Coach Risto dengan pengalaman dan karakternya kita harap bisa langsung bersinergi dengan tim dan staf pelatih meraih hasil terbaik di musim ini,” pungkas COO Borneo FC, Ponaryo Astaman. 

Lantas seperti apa sosoknya? berikut INDOSPORT.COM merangkum beberapa fakta menarik dari sosok Risto Vidakovic.

1. Jebolan Liga Spanyol

Risto Vidakovic diketahui pernah melatih sejumlah tim  Liga Spanyol dan tim asal Asia Tenggara. Di LaLiga, Vidakovic pernah menangani sejumlah klub medioker, seperti Cadiz, Real Betis B, Real Murcia, dan Ecija Balompie.

Namun kiprahnya sebagai pelatih di Negeri Matador tidak begitu mulus. Saat menjadi arsitek Cadiz ia hanya bertahan selama empat bulan (Juli-Nov 2010) dengan 16 pertandingan dilaluinya, sebelum akhirnya dipecat.

Sedangkan saat menukangi Real Betis B, ia hanya bertahan selama satu musim (11/12 sampai 12/13) melalui 44 pertandinga di semua kompetisi.

2. Kenal Sepak Bola Asia Tenggara

Pelatih asal Serbia ini cukup mengenali sepak bola kawasan Asia Tenggara, karena setelah dari Spanyol dan Honduras ia memilih berkarier di Filipina menangangi klub Ceres-Negros FC selama empat musim (2016/17 hingga 2020/21).

Vidakovic pernah mengantarkan Ceres Negros tiga kali berturut-turut menjadi juara Filipina (2016-2019) dan sekali memenangkan trofi Piala Filipina (2018/2019). 

Namun sayang kariernya di Filipina tidak bertahan lama karena Ceres Negros mengalami kesulitan finansial dan dinyatakan bangkrut akibat krisis ekonomi pandemi covid-19.

3. Mengemban Tugas Berat

Kini, Risto Vidakovic bakal mengemban tugas berat untuk mengembalikan performa terbaik Borneo FC di Liga 1 2021, setelah dalam beberapa pertandingan terakhir tampil mengecewakan.

Borneo FC cuma bisa meraih hasil imbang pada empat pertandingan terakhir Liga 1 2021-2022. Pesut Etam yang mengoleksi tujuh poin dari enam laga saat ini menghuni peringkat kesembilan klasemen Liga 1 2021-2022.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%