Bola Internasional

Bukan Chelsea atau PSG, Ini Klub Termahal di Eropa Saat Ini

Selasa, 5 Oktober 2021 05:11 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Birkbeck Sport Business Centre
Bukan Chelsea atau Paris Saint-Germain (PSG), klub ini menjadi klub dengan nilai transfer skuat termahal di Eropa saat ini. Copyright: © Birkbeck Sport Business Centre
Bukan Chelsea atau Paris Saint-Germain (PSG), klub ini menjadi klub dengan nilai transfer skuat termahal di Eropa saat ini.

INDOSPORT.COM – Bukan Chelsea atau Paris Saint-Germain (PSG), klub ini menjadi klub dengan nilai transfer skuat termahal di Eropa saat ini.

Laporan dari CIES Football Observatory menyebutkan jika Chelsea dan PSG bukanlah klub termahal di Eropa saat ini.

Status juara bertahan Liga Champions yang disandang oleh Chelsea tak membuat klub asal London itu menjadi yang termahal di Eropa.

Sementara skuat real galacticos yang dimiliki oleh PSG tak membuat Les Parisien dinobatkan sebagai klub dengan nilai transfer termahal seantero Benua Biru.

CIES Football Observatory dalam laporannya menyebutkan jika Manchester City adalah klub dengan nilai transfer skuat termahal di Eropa saat ini.

Manchester City ditempel ketat oleh Manchester United di posisi kedua. Chelsea sendiri berada di posisi ketiga dalam daftar tersebut.

Sementara PSG harus berpuas diri berada di posisi ke-8 di bawah Barcelona, Bayern Munchen, Liverpool, dan Real Madrid meskipun memiliki materi pemain bertabur bintang.

Liga Inggris mendominasi 10 besar dengan mengirimkan 4 wakilnya, yakni Manchester City, Manchester United, Chelsea, dan Liverpool.

Sementara Liga Spanyol menjadi liga kedua terbanyak yang mengirimkan wakilnya di posisi 10 besar lewat Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Di dalam 10 besar daftar klub dengan skuat termahal se-Eropa ini, diketahui tak ada klub yang berasal dari Liga Italia.

Berikut adalah daftar lengkap 10 klub dengan nilai skuat termahal di Eropa saat ini versi CIES Football Observatory tahun 2021:

  1. Manchester City – 1,28 miliar euro
  2. Manchester United – 1,214 miliar euro
  3. Chelsea – 946 juta euro
  4. Barcelona – 896 juta euro
  5. Bayern Munchen – 890 juta euro
  6. Liverpool – 868 juta euro
  7. Real Madrid – 846 juta euro
  8. Paris Saint-Germain (PSG) – 808 juta euro
  9. Borussia Dortmund – 687 juta euro
  10. Atletico Madrid – 662 juta euro