Bola Internasional

Mengenal J-League Cup, Satu dari Tiga Kompetisi Bergengsi di Jepang

Kamis, 14 Oktober 2021 12:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gelaran J.League YBC Levain Cup 2021 sudah memasuki laga final yang akan dihelat pada 30 Oktober 2021 di Saitama Stadium 2002.

Nagoya Grampus berhasil lolos ke final untuk kali pertama usai menumbangkan F.C.Tokyo di semifinal dengan agregat 4-3. Lawan mereka di partai puncak nanti adalah Cerezo Osaka yang menyingkirkan Urawa Red Diamonds dengan skor 2-1 di semifinal, dan berusaha mengulangi kesuksesan mereka pada 2017 lalu saat jadi juara.

Musim ini adalah gelaran ke-29 J.League Cup, salah satu kompetisi tertinggi yang ada di persepakbolaan Jepang. J.League Cup alias Piala Liga Jepang kali pertama digulirkan pada 1992 sebagai kompetisi pemanasan jelang musim pertama Liga Jepang era J.League.

Saat itu, 10 tim pendiri J.League berkompetisi di J.League Cup dengan Verdy Kawasaki (sekarang bernama Tokyo Verdy) keluar sebagai juaranya.

J.League Cup merupakan satu dari tiga kompetisi utama untuk tim-tim profesional Liga Jepang, berjalan berbarengan setiap musim bersama dengan J.League dan Piala Kaisar.

Pada awal berdiri, saat tim J.League masih sedikit, semua tim ikut serta, kemudian format kompetisi berubah, ikut menyertakan tim-tim J1 dan J2 sampai tahun 2001.

Mulai tahun 2002 sampai 2017, J.League Cup hanya diperuntukkan bagi klub-klub kasta teratas saja, kemudian berubah lagi mulai 2018, pesertanya adalah tim-tim J1 League dan beberapa tim J2 tergantung format yang digunakan musim itu.

Juara akan mendapat trofi serta uang hadiah, sedangkan runner-up dan dua semifinalis mendapat plakat penghargaan serta uang puluhan juta yen.