Bola Internasional

Mengintip 5 Stadion Termegah yang Ada di J-League

Sabtu, 18 September 2021 16:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© en.wikipedia.org
Sapporo Dome, salah satu stadion termegah di Jepang. Copyright: © en.wikipedia.org
Sapporo Dome, salah satu stadion termegah di Jepang.

INDOSPORT.COM - J.League saat ini berisi 57 tim yang tersebar ke tiga divisi mulai dari J1 sampai J3 League. Semua tim tersebut memiliki kandang stadion yang punya ciri khas masing-masing. Beberapa dikenal karena indah, unik, ataupun canggih.

Berikut ini lima stadion di J.League yang terkenal akan keindahan, keunikan, dan kecanggihannya:

1. Sapporo Dome (Hokkaido Consadole Sapporo)

Stadion ini terletak di Jepang bagian Utara, tepatnya di Sapporo, Pulau Hokkaido. Dibuka pada 2001 untuk gelaran Piala Dunia 2002, stadion ini kemudian sudah jadi kandang Hokkaido Consadole Sapporo hingga sekarang.

Kini berkapasitas 38.794 penonton, Sapporo Dome sempat menghelat laga-laga Piala Dunia 2002, Piala Dunia Rugby 2019, hingga sepak bola Olimpiade
Tokyo 2020.

Stadion ini tak hanya bisa digunakan untuk berbagai ajang, tetapi juga dalam segala macam cuaca! Ada dua jenis lapangan di stadion ini, pertandingan bisbol digelar di atas rumput sintetis, sedangkan sepak bola digelar dengan lapangan berumput asli yang bisa digeser masuk dan keluar stadion.

Kubah besar di atas lapangan melindungi bagian dalam dari cuaca Sapporo bisa sangat dingin dan bersalju ketika musim dingin tiba. Selain sepak bola dan bisbol, Sapporo Dome juga digunakan untuk laga rugby, ski, dan bahkan balap mobil rally.

2. IAI Stadium Nihondaira (Shimizu S-Pulse)

Dibuka pada 1991, stadion ini sudah menjadi kandang Shimizu S-Pulse sejak tahun 1992 dan kini mempunyai kapasitas 19.549 penonton. Stadion ini terkenal karena keindahan pemandangan di sana. Terletak di dekat kaki Gunung Fuji, stadion ini juga memiliki pemandangan indah dari Teluk Suruga yang ada di sebelahnya.

Tribun bagian utara hanya memiliki 2/3 bagian yang beratap, membuat penonton bisa dengan puas melihat pemandangan ke arah Gunung Fuji, gunung ikonik di Jepang. Suporter tuan rumah biasanya berkumpul di tribun Barat yang diberi nama "The Kop", sedangkan fans tim tandang diberi akses ke tribun Timur.