Liga Indonesia

Ritual Barito Putera Sebelum Gebuk Persipura, Masih Ampuh vs Persela?

Kamis, 28 Oktober 2021 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, Barito Putera. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Ada ritual khusus yang dilakukan Barito Putera sebelum membekuk Persipura Jayapura. Apakah masih ampuh dilakukan saat bersua Persela Lamongan?

Sebagaimana diketahui, Barito Putera akhirnya meraih tiga poin dari Persipura Jayapura di pekan kesembilan BRI Liga 1 2021-2022, Senin (25/10/21). Mereka menang tipis 1-0.

Hasil ini merupakan angin segar setelah sebelumnya Laskar Antasari kalah beruntun dari Bhayangkara FC, PSS Sleman, dan PSIS Semarang, hingga terbenam di zona merah.

Usut punya usut, rupanya ada ritual unik yang dilakukan skuat Barito Putera sebelum bertanding. Para pemain nampak mengikuti salat hajat plus mendapatkan siraman rohani.

Siraman rohani sekaligus motivasi diberikan oleh ulama asal Kalimantan Selatan, Ustadz Adam Syarkawi. Belakangan, sosok ini juga dikonfirmasi sebagai guru spiritual Barito Putera.

Dinukil dari Kalsel Pos, Guru Adam, sapaan akrabnya, sempat melakukan ritual khusus kepada pemain. Dia memberi tepukan di bahu pemain, dan mengetuk kaki Bayu Pradana dkk.

"Saya hanya memberikan semangat dan wejangan tentang arti ikhtiar, yang penting tim berusaha dan berjuang. Soal hasil, kita serahkan kepada Allah," terang Guru Adam.

"Kami berdoa meminta keberkahan alam, terutama empat unsur elemen alam, udara, air, tanah, dan api. Tapi semua itu tetap kami lakukan dengan tingkat ketauhidan," cetusnya.