Bola Internasional

Mengintip Kekuatan Kawasaki Frontale, Penguasa Baru Liga Jepang

Jumat, 12 November 2021 11:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kawasaki Frontale merupakan penguasa di Jepang dalam beberapa tahun terakhir, termasuk sudah berhasil menjadi juara Meiji Yasuda J1 League 2021.

Mereka berhasil meraih empat kali juara J1 League dalam lima musim terakhir. Selain itu, Frontale juga berhasil menjadi juara J.League Cup pada tahun 2019, Piala Kaisar 2020, dan dua kali juara Piala Super Jepang (2019, 2021).

Bangkitnya Kawasaki Frontale dalam lima tahun terakhir menjadi penguasa Jepang juga dibarengi dengan penampilan apik dari legenda mereka, Kengo Nakamura. Sayang bagi mereka, Kengo Nakamura resmi pensiun akhir musim lalu setelah sepanjang kariernya yang hampir dua dekade selalu membela Kawasaki Frontale.

Meski begitu, hal ini tak begitu menurunkan kekuatan tim asuhan Toru Oniki. Toru Oniki adalah mantan pemain Kawasaki Frontale yang kemudian jadi pelatih tim muda Kawasaki Frontale, sebelum kemudian jadi asisten pelatih, lalu jadi pelatih utama mulai 2017 lalu.

Dari kekuatan pemain, mereka diperkuat pemain-pemain asing seperti Leandro Damiao, Jesiel, Joao Schimdt, hingga Jung Sung-ryong. Selain itu, ada juga pemain-pemain lokal seperti Yu Kobayashi, Kaoru Mitoma, Ao Tanaka, Akihiro Ienaga, Miki Yamane, dan kapten tim Shogo Taniguchi.

Leandro Damiao yang merupakan mantan striker timnas Brasil jadi top skor tim di Liga Jepang, mencetak 18 gol hingga pekan ke-34. Catatan ini diikuti oleh penyerang veteran Yu Kobayashi yang mencetak 10 gol di Liga Jepang musim ini.

Pada musim panas lalu, Frontale kehilangan dua pemain utama mereka yang hijrah ke Eropa. Ao Tanaka diboyong Fortuna Dusseldorf di Liga Jerman, sedangkan Kaoru Mitoma dibeli tim Premier League, Brighton and Hove Albion, sebelum langsung dipinjamkan ke tim Liga Belgia, Union SG.