Bola Internasional

Masuk Play-off, Pelatih Portugal Tetap Janjikan Lolos ke Piala Dunia 2022

Senin, 15 November 2021 11:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Cristiano Ronaldo bersama dengan pelatih Portugal, Fernando Santos. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo bersama dengan pelatih Portugal, Fernando Santos.

INDOSPORT.COM - Gagal lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 lewat jalur kualifikasi zona Eropa tidak membuat peluang Portugal ke Qatar sudah tidak ada. Masih ada jalur play-off yang bisa mereka ikuti dan pelatih Fernando Santos yakin timnya tetap bisa lolos.

Portugal sejatinya hanya butuh hasil imbang kala menjamu Serbia di Estadio da Luz pada Senin (15/11/21) ini. Akan tetapi sang tamu justru mampu mencuri kemenangan dramatis 1-2.

Renato Sanches sempat membawa tuan rumah memimpin di menit kedua, tapi Serbia bisa menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai via aksi Dusan Tadic.

Kemenangan akhirnya bisa dipastikan The Orlovi lewat gol tandukan bomber Fulham, Aleksandar Mitrovic, di menit ke-90. Portugal tertunduk.

Serbia pun berhak lolos ke Piala Dunia ketiga mereka sebagai negara berdikari. Catatan mereka makin impresif karena sepanjang kualifikasi tim asuhan Dragan Stojkovic itu sama sekali tidak menelan kekalahan.

"Pada awalnya kami tampak akan melenggang mulus namun justru kalah. Portugal unggul lebih dulu dan sempat menguasai pertandingan namun perlahan dipukul mundur. Para pemain sudah berusaha keras," papar Fernando Santos seperti dikutip dari Goal.

"Tidak banyak pemain yang tampil 'lapar'. Akhirnya permainan kami dibayangi banyak rasa takut dan kecemasan. Sudah ada percobaan untuk kembali unggul namun selalu gagal," sambungnya.

"Serbia tampil lebih baik. Semua tanggung jawab ada padaku. Portugal akan tetap lolos ke Qatar. Memang tidak dengan cara seharusnya namun kami akan tetap ke Piala Dunia," pungkas pelatih berusia 67 tahun itu kemudian.