Liga Indonesia

3 Liga Asing yang Bisa Dicoba Ronaldo Kwateh Si Wonderkid Timnas Indonesia

Kamis, 18 November 2021 15:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
3 Liga Asing Bisa Dicoba Ronaldo Kwateh Si Wonderkid Timnas Indonesia Copyright: © Instagram@ronaldokwateh7
3 Liga Asing Bisa Dicoba Ronaldo Kwateh Si Wonderkid Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Dikabarkan sedang diincar klub asing, berikut tiga kompetisi luar negeri yang mungkin bisa jadi batu loncatan penyerang muda Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh.

Sebelumnya, nama Ronaldo Joybera Kwateh sempat jadi perbincangan lantaran pesepak bola muda andalan Madura United di Liga 1 2021/22 ini ternyata sempat dilirik tim luar negeri.

Jika menyebut nama Ronaldo Kwateh, para pecinta sepak bola Tanah Air tentu akan ingat terhadap sosok pemain asing legendaris di Liga Indonesia awal 2000-an silam, yakni Roberto Kwateh.

Benar saja, Ronaldo Kwateh adalah anak dari pesepak bola asal Liberia tersebut. Lama di Indonesia, Roberto menikahi seorang wanita asal Bantul, Yogyakarta.

Maka, Ronaldo Kwateh dipastikan memiliki darah Indonesia-Liberia. Saat ini, di usianya yang baru menginjak 17 tahun, Ronaldo juga mendapatkan tempat di Timnas Indonesia.

Ronaldo Kwateh masuk dalam 36 pemain yang dipanggil PSSI untuk mengikuti TC dan seleksi Timnas U-18 di Turki, yang digelar pada 16 November hingga 1 Desember.

Tak sampai di sana, kabar bahagia juga disampaikan oleh sang ayah, Roberto, jika Ronaldo Kwateh sempat dilirik oleh tim luar negeri. Lantas, bagaimana keputusannya?

"Tawaran ada beberapa (dari tim luar), tapi Ronaldo fokus di Madura United dan Timnas Indonesia dulu," ungkap Roberto Kwateh ke media, dinukil dari situs Wunderkid.

Sebelum isu ketertarikan klub asing berhembus, Ronaldo Kwateh sempat lebih dulu buat sensasi dengan mencetak rekor sebagai pemain termuda yang menjalani debut di Liga 1 2021, dalam usia 16 tahun 10 bulan.

Kala itu, Ronaldo tampil membela Madura United, saat menjajal PS Tira Persikabo. Dalam laga tersebut, skuat besutan Rahmad Darmawan berhasil menahan imbang PS Tira dengan skor 1-1.

Kembali ke sosok Ronaldo Kwateh, meski sampai saat ini belum ada kabar pasti mengenai klub asing mana yang tertarik memboyong sang pemain, namun berkaca dari rapor bintang Indonesia yang lebih dulu abroad ke luar negeri tampaknya ada 3 klub yang cocok jadi batu loncatan Ronaldo.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas tiga liga Asing yang bisa dicoba Ronaldo Kwateh sang wonderkid Timnas Indonesia:

Liga Malaysia

Ryuji Utomo di Penang FC saa menjadi kapten di laga uji coba persiapan Liga Super Malaysia 2021. Copyright: Instagram@ryujiutomoRyuji Utomo di Penang FC saa menjadi kapten di laga uji coba persiapan Liga Super Malaysia 2021.

Pertama adalah Liga Malaysia. Sebagai negara serumpun, kompetisi di Malaysia bisa jadi pilihan teratas buat pemain-pemain muda mengadu peruntungan atau mengasah kemampuan di luar Indonesia.

Sepanjang sejarahnya, sudah cukup banyak pemain-pemain asal Indonesia yang sempat hijrah dan merasakan ketatnya persaingan di Malaysia Super League.

Untuk musim ini saja, ada Ryuji Utomo dan Saddil Ramdani yang menjadi bagian penting timnya untuk berlaga di kasta teratas Liga Malaysia.

Dengan iklim dan bahasa yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, kompetisi Liga Malaysia sangat cocok buat Ronaldo Kwateh dalam mengasah mental serta menambah jam terbang bermain di luar negeri.