Bola Internasional

Menanti Kejutan Klub Legendaris Jubilo Iwata di Strata Teratas J-League

Jumat, 19 November 2021 14:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Salah satu klub legendaris J.League, Jubilo Iwata, resmi promosi kembali ke Meiji Yasuda J1 League. Kepastian promosi Jubilo Iwata diraih usai menang 3-1 di kandang Mito Hollyhock, Minggu (14/11/21) sore WIB.

Kemenangan ini membuat Jubilo punya koleksi 86 poin dan jadi pemuncak klasemen sementara, mereka promosi karena sudah mengamankan dua posisi teratas kasta kedua Liga Jepang musim ini.

Jubilo Iwata masih punya tugas untuk bisa juara kasta kedua, dengan Kyoto Sanga ada di posisi kedua berselisih lima angka. Musim ini masih menyisakan tiga laga.

Jubilo Iwata sudah dua musim berlaga di J2 League, setelah terdegradasi dari kasta teratas pada musim 2019 lalu. Padahal, klub asal Prefektur Shizuoka ini adalah salah satu klub tersukses sepanjang masa di J.League.

Jubilo tiga kali juara J1 League pada 1997, 1999, dan 2002, hanya kalah dari catatan Kawasaki Frontale (4 gelar), Yokohama F. Marinos (4), dan Kashima Antlers (8). Jubilo juga dikenal sebagai klub yang dibela legenda Brasil, Dunga, ketika berlaga di Liga Jepang. 

Musim lalu, mereka gagal promosi usai hanya finish di posisi keenam klasemen akhir kasta kedua. Musim ini mereka bangkit dengan mengandalkan pemain pengalaman dan pemain-pemain muda. 

Penyerang asal Brasil, Lukian, jadi andalan di depan dengan mencetak 21 gol di ajang liga, selain juga mengandalkan pemain-pemain seperti Yuto Suzuki, Kosuke Yamamoto, dan Yuki Otsu.