Liga Indonesia

Diputuskan jadi Profesi, Pesepakbola Akan Dapat Perlindungan Tambahan

Senin, 22 November 2021 19:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepakbola tanah air sepertinya dapat bernafas lega. Dimana status mereka sesaat lagi akan disahkan sebagai sebuah profesi.

Dengan menjadi profesi, pesepakbola pun akan mendapat tambahan perlindungan. Dimana mereka diwajibkan terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) turut menyoroti adanya para pesepakbola yang masih belum mendapatkan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan.

Padahal menurut Dita Indah Sari, Stafsus Menteri Ketenagakerjaan, para pesepakbola merupakan seorang yang pekerja sebagai profesi bukan hanya hobi yang dibayar. Untuk itu ia berharap seluruh klub-klub yang mengontrak pemainnya mewajibkan mendaftarkan para pemainnya dalam program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

“Perlindungan pekerjaan itu bukan hanya pekerja dalam tingkat perkantoran, perusahaan atau sektor formal tapi juga pekerja di sektor lain termasuk di keolahragaan,” kata Dita dalam sebuah diskusi di kawasan Blok-M, Jakarta.

“Awalnya kita diskusi mereka (pesepakbola) pekerja atau bukan sih? Bagi kami untuk bisa disebut sebagai pekerja harus ada hubungan kerja. Ada tiga syarat, ada upah, perintah dan pekerjaan dan kita cek di kontrak klub-klub ternyata tiga itu ada, jadi mereka pekerja,” jelasnya.