Liga Spanyol

LaLiga Spanyol: Menang di Laga Debut, Xavi Malah Kritik Barcelona

Selasa, 23 November 2021 00:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kemenangan yang diraih dalam debutnya sebagai pelatih Barcelona di ajang LaLiga Spanyol kontra Espanyol pada Minggu (21/11/21) lalu rupanya belum memuaskan Xavi Hernandez. Ia merasa jika Los Cules masih sangat kesulitan dalam membuat peluang.

Berlaga di hadapan publik Camp Nou, Barcelona bisa dibilang dominan atas Espanyol. Turun dengan banyak pemain muda seperti Gavi, Nicolas Iglesias, Ilias Akhomach, hinga Abdessamad Ezzalzouli yang masih remaja, tim tuan rumah masih bisa mendapatkan 65% penguasaan bola.

16 tembakan juga bisa dilepaskan untuk mengancam gawang Espanyol kawalan Diego Lopez namun hanya enam yang tepat sasaran. Gol tunggal kemenangan Barcelona pun 'cuma' tercipta dari penalti kontroversial atas nama Memphis Depay.

Tidak heran jika Xavi menuntut untuk adanya perkembangan dari segi kreatifitas. Jika tidak misi mengurangi defisit sepuluh poin dari Real Madrid yang memuncaki klasemen sementara LaLiga Spanyol saat ini akan sangat sulit.

"Masih banyak yang perlu diperbaiki. Kami harus belajar memahami apa yang harus dilakukan dalam pertandingan. Barcelona butuh lebih banyak peluang bikin gol," papar Xavi seperti yang dikutip dari Goal.

"Sulit sekali melakukan penetrasi ke pertahana ketat Espanyol. Ini tidak boleh sampai terjadi karena tipe lawan seperti mereka ada dimana-mana," imbuhnya.

"Sikap para pemain patut dipuji namun tetap saja banyak kekurangan untuk bisa mendominasi di akhir laga. Espanyol sangat menyulitkan tapi kami pada akhirnya pantas menang," tambah eks pelatih Al-Sadd tersebut.