Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2020: Singapura, Kejutan Tuan Rumah

Sabtu, 27 November 2021 22:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Timnas Singapura di Piala AFF 2018. Copyright: © Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Timnas Singapura berpotensi jadi tim yang akan tampil jauh langkahnya di gelaran Piala AFF 2020.

Kurang dari beberapa hari lagi gelaran turnamen sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2020 akan segera dimulai pada 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022.

Sejatinya Piala AFF 2020 ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum mereda pada saat itu membaut federasi sepak bola Asean, AFF, menundanya.

Singapura ditunjuk menjadi negara tuan rumah, untuk menggelar seluruh babak penyisihan grup mengingat turnamen di gelar masih dalam keadaan pandemi.

Hal tersebut membuat Timnas Singapura termotivasi untuk tampil baik di Piala AFF 2020, demi masuk dalam persaingan gelar juara.

Apalagi Singapura dikenal sebagai salah satu negara tangguh di persepakbolaan Asia Tenggar, dengan menjadi negara kedua mengoleksi gelar Piala AFF 2020 terbanyak.

Untuk mewujudkan target tersebut, otoritas sepak bola Singapura (FAS) pun menggelar pemusatan latihan dan uji coba dengan negara lain sebagai bagian dari persiapan menyambut Piala AFF 2020.

Para pemain diharapkan datang dengan kondisi bugar mengingat pemusatan latihan digelar 2 pekan setelah Liga Primer Singapura berakhir.

"Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi proses seleksi. Pertama, penampilan mereka sepanjang Liga Primer Singapura 2021 di mana saya mengamati kemampuan teknis para pemain dan karakter mereka," kata Tatsuma Yoshida seperti dikutip situs resmi Federasi Sepak Bola Singapura (FAS).

"Setelah itu, saya akan mempertimbangkan kombinasi pemain dan dinamika skuad. Kami memiliki beberapa pekan untuk mempersiapkan pemusatan latihan ini," ucap Tatsuma Yoshida.

Singapura sendiri telah berhadapan dengan Maroko di laga uji coba terakhir sebelum tampil di Piala AFF 2020. Namun skuat asuhan pelatih Tatsuma Yoshida itu gagal meraih kemenangan, karena kalah 0-2.