In-depth

Profil Tim Piala AFF 2020: Timor Leste, Bukan Lagi Anak Bawang

Rabu, 1 Desember 2021 13:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Chris Jung/NurPhoto via Getty Images
Timnas Timor Leste di SEA Games 2017 Copyright: © Chris Jung/NurPhoto via Getty Images
Timnas Timor Leste di SEA Games 2017

INDOSPORT.COM - Timnas Timor Leste mencoba untuk menunjukan kualitas tim nasionalnya di ajang Piala AFF 2020 yang kini mulai banyak perkembangan.

Turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara, Piala AFF 2020 tidak lama lagi akan segera bergulir pada 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Sejatinya ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat AFF selaku otoritas sepak bola tertinggi di ASEAN harus menundanya.

Kini meski masih terjadi pandemi Covid-19, namun untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga AFF memutuskan untuk menggelar Piala AFF 2020 tahun ini.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Sementara itu negara-negara peserta terus mematangkan persiapan mereka untuk tampil di Piala AFF 2020, guna meraih hasil maksimal salah satunya adalah Timnas Timor Leste.

Bagi Timor Leste, ini adalah kali ketiga mereka tampil di ajang dua tahunan tersebut setelah sebelumnya tampil di Piala AFF 2016 dan Piala AFF 2018.

Kelolosan Timor Leste ini juga tidak lepas dari keberuntungan, dimana mereka tanpa harus keluar keringat di babak play-off mengingat calon lawannya, Brunei Darussalam memilih mengundurkan diri karena alasan pandemi Covid-19.

Bagi Timor Leste, ini adalah kali ketiga mereka tampil di ajang dua tahunan tersebut setelah sebelumnya tampil di Piala AFF 2016 dan Piala AFF 2018.

Kelolosan Timor Leste ini juga tidak lepas dari keberuntungan, dimana mereka tanpa harus keluar keringat di babak play-off mengingat calon lawannya, Brunei Darussalam memilih mengundurkan diri karena alasan pandemi Covid-19 yang belum beres di negaranya.

Timor Leste pun tergabung di grup A bersama tuan rumah Singapura, Filipina, Thailand, dan Myanmar. Meski peta persaingan cukup ketat, namun kiprah negara pecahan provinsi Indonesia ini patut diwaspadai.

Hal tersebut karena rekam jejak Timor Leste di bawah asuhan pelatih asal Brasil, Fabio Magrao di laga uji coba. Terakhir mereka mampu meraih kemenangan melawan Filipina dengan skor 1-0.

Dengan hasil itu, maka tim-tim di grup A patut waspada karena Timor Leste kini bukan lagi tim berstatus anak bawang usai mengalami perkembangan sepak bola yang cukup pesat.

Satu hal yang menarik adalah Magrao memiliki skuat muda. Ia tak ragu-ragu menyertakan pemain dengan rataan umur 20 tahun pada turnamen terbesar Asia Tenggara ini.

Bahkan, pemain tertua Timor Leste baru berusia 26 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun.  Pada partai pertama penyisihan grup A Piala AFF 2020, Timor Leste langsung menantang juara bertahan, Thailand. 

Pemain yang cukup disorot adalah striker Henrique Wilsons Da Cruz Martins. Dalam situs resmi AFF, Henrique disebut sebagai striker masa depan yang punya gocekan maut.

Bahkan, ia disejajarkan dengan gelandang timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan striker timinas Thailand Supachai Jaided. 

"Bersama dengan rekan setimnya, Rufino Gama, Henrique adalah salah satu dari dua striker berbahaya yang telah mencetak banyak gol di level muda, dan mencuri perhatian di tim senior," demikian tulis AFF. 

Henrique yang baru berusia 23 tahun ini memiliki ambisi tinggi untuk membawa negaranya dikenal melalui sepak bola. Namun, misi tersebut tentu tidak mudah karena mereka berada di grup yang sulit.