Bola Internasional

Jawab Keraguan Fakhri Husaini, Mees Hilgers: Indonesia Perlu Naturalisasi

Kamis, 2 Desember 2021 13:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Fakhri Husaini ragu dengan program naturalisasi. Foto: Instagram@garudapossible Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Fakhri Husaini ragu dengan program naturalisasi. Foto: Instagram@garudapossible

INDOSPORT.COM - Guna menjawab keraguan Fakhri Husaini, pemain sepak bola asal Belanda, Mees Hilgers mengakui jika Timnas Indonesia perlu pemain naturalisasi.

Beberapa waktu lalu, mantan pelatih Tim Nasional Indonesia, Fakhri Husaini secara terang-terangan mengaku kecewa dengan wacana PSSI untuk membuka naturalisasi.

Adapun naturalisasi ditawarkan pada empat pemain keturunan Indonesia yang berkarir di luar negeri, mulai dari Sandy Walsh, Mees Hilgers, Kevin Diks, dan juga Jordi Amat.

Terang saja, hal ini membuat pelatih Fakhri Husaini kecewa. Ia menilai bahwa Indonesia punya potensi pemain muda berkualitas, sehingga tak perlu pemain naturalisasi.

"Ternyata yang dimaksud dengan percaya proses adalah percaya proses naturalisasi," komentar Fakhri Husaini melalui Instagram.

Hal ini rupanya juga sampai ke telinga Mees Hilgers, salah satu calon pemain naturalisasi asal Belanda, yang membela klub Twente.

Menurut Mees Hilgers, pengalamannya selama menimba ilmu sepak bola di Eropa, akan sangat berguna untuk menaikkan kualitas Tim Nasional Indonesia nantinya.

"Menurut saya, kalau mau menaikkan level tim (nasional), perlu pemain naturalisasi," ungkap Mees Hilgers saat menjadi bintang tamu dalam Youtube KR TV, Rabu (01/12/21).

"Bukannya mereka tidak memiliki pemain yang bagus di Indonesia, tapi cara kami berlatih di Eropa tuh begini (lebih tinggi), dan kami bisa menaikkan level," imbuhnya.

"Jadi, saya pikir akan lebih bagus jika kami (pemain naturalisasi) bisa bergabung di Timnas, levelnya akan naik dan kita bisa mendapatkan pengalaman dari pemain."