Bola Internasional

4 Momen Hebat Timnas Singapura Juara Piala AFF sebelum Disalip Thailand

Kamis, 9 Desember 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© NurPhoto/NurPhoto via Getty Images
Radojko Avramovic, eks pelatih yang membawa Timnas Singapura berjaya di Piala AFF. Copyright: © NurPhoto/NurPhoto via Getty Images
Radojko Avramovic, eks pelatih yang membawa Timnas Singapura berjaya di Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Walaupun sering dianggap tim underdog, Timnas Singapura pada kenyataannya adalah juara empat kali Piala AFF.

Sejauh ini, takhta raja sepak bola Asia Tenggara seperti diketahui masih dipegang oleh Thailand, yang sudah lima kali tampil sebagai juara Piala AFF.

Lalu jika membahas para tim favorit, unggulan, maupun yang banyak dibicarakan publik, nama-nama seperti Vietnam atau Filipina memang lebih sering menghiasi pemberitaan-pemberitaan internasional.

Tidak banyak yang memandang Timnas Singapura sebagai unggulan teratas di Piala AFF, padahal jika menarik catatan ke belakang, mereka adalah tim terkuat kedua setelah Thailand dengan raihan empat gelar.

Selain itu, The Lions juga masih menempatkan legendanya, Noh Alam Shah, sebagai peuncak daftar top skor sepanjang masa Piala AFF. Mantan pemain Persib dan Arema Indonesia tersebut mencatat 17 gol.

Jumlah ini masih belum bisa dilampaui oleh pemain mana pun. Namun yang terdekat, ada Teerasil Dangda dari Thailand (15 gol) yang digadang-gadang berpotensi besar menyalip rekor legendaris Noh Alam Shah.

Berbicara tentang daftar top skor, Timnas Singapura ternyata masih memiliki dua sosok yang berhasil mengharumkan nama mereka di kategori pencetak gol terbanyak ini.

Adalah Agu Casmir (11 gol) dan Khairul Amri (10 gol), yang bercokol di bawah posisi dua pemain asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto (13 gol) dan Bambang Pamungkas (12 gol).

Di Piala AFF 2020, Timnas Singapura mengawali langkah mereka dengan hasil yang positif. Mereka mematahkan perlawanan Myanmar dengan skor 3-0 pada matchday pertama dan kemudian melibas Filipina 2-1.

Berkat hasil ini, The Lions berjaya di puncak klasemen sementara Grup A dengan poin penuh (6). Namun mereka masih harus menghadapi lawan super berat, Thailand, setelag berjumpa Timor-Leste terlebih dahulu.