Bola Internasional

Piala AFF 2020: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam, Siapa Unggul?

Senin, 13 Desember 2021 19:05 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21). Copyright: © PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020. Siapa yang lebih unggul dari rekor pertemuan?

Duel seru tersaji di laga lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/21) malam WIB.

Ini merupakan ujian bagi Timnas Indonesia, mengingat Vietnam adalah tim terkuat di grup ini. Kedua tim sama-sama sudah bertanding sebanyak dua kali.

Namun dari segi performa, Vietnam lebih unggul karena mereka meraih dua kemenangan tanpa catatan kebobolan, salah satunya bahkan menang atas tim kuat Malaysia.

Sementara Timnas Indonesia, juga memang meraih dua kemenangan namun didapat melawan tim pelengkap Kamboja dan Laos. Perbedaan ini jelas wajib menjadi catatan waspada para pemain Timnas Indonesia. 

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo mengaku antusias jelang melawan Timnas Indonesia. Menurutnya, Skuad Garuda telah menunjukan perubahan yang signifikan.

Ketimbang terakhir kali bertemu pada Juni lalu di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Asia. “Kami bertemu Indonesia di babak kualifikasi kedua Piala Dunia," tuturnya dikutip dari Dan Viet, Senin (13/12/21).

"Saya baru saja menonton pertandingan Indonesia vs Laos di babak ini. Mereka terlatih dengan baik, bermain jauh lebih aktif daripada pertandingan di bulan Juni, terutama dalam hal permainan. intensitas dan kebugaran,” tambahnya.

Kemenangan jelas menjadi target Vietnam dan pelatih Park Hang-seo, karena kemenangan akan membuat pintu mereka untuk berpartisipasi di semifinal Piala AFF 2020.

Saat ini, Vietnam berada di posisi pertama dengan mengumpulkan enam poin. Dengan rincian lima kali mencetak gol dan belum kebobolan.

Sementara Timnas Indonesia di peringkat kedua dengan poin sama dan selisih gol lebih banyak. Namun apakah tim besutan Shin Tae-yong perlu berkecil mental melihat sangarnya Vietnam? berikut rekor pertemuan kedua tim.