Liga Indonesia

Pernah Jadi Anak Didik Zico, Wallace Costa Tegaskan Pensiun di Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger/INDOSPORT
Wallace Costa selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Wallace Costa selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela.

INDOSPORT.COM - Pernah jadi anak didik legenda sepak bola asal Brasil, Zico, Wallace Costa justru banting setir ke Liga 1 dan menegaskan mau pensiun di Indonesia.

Wallace Costa merupakan bek asal Brasil yang kini memperkuat PSIS Semarang di Liga 1 2021-2022. Sebelumnya, dia membela Persela Lamongan sejak 2018.

Kala itu, Wallace Costa bahkan didapuk menjadi kapten Persela. Sementara saat membela PSIS Semarang, ia juga menjadi tumpuan, bahkan membukukan satu gol.

Wallace Costa tak dapat disangkal adalah salah satu bek tangguh di Indonesia. Usut punya usut, rupanya ia pernah menimba ilmu di akademi CFZ, klub bentukan Zico.

"Klub profesional pertama saya namanya CFZ, itu tim yang dimiliki oleh Zico, salah satu legenda sepak bola Brasil," ungkap Wallace Costa di Youtube Tiento Indonesia.

"Klub ini memiliki fasilitas yang bagus untuk pemain. Mereka tidak bermain di Liga 1 atau Liga 2, tapi mayoritas tim besar dari Rio de Janeiro mengambil pemain dari tim CFZ ini."

Sepuluh tahun menimba ilmu di klub milik Zico, Wallace Costa mencari peruntungan baru dengan bermain di luar negeri. Ia pun memutuskan menetap di negara Kuwait.

"Saya bermain di sana kurang lebih sepuluh tahun, dari akademi sampai tim profesional, saya meninggalkan tim ini di usia 23 tahun, dan saya pun pergi ke luar Brasil," ujarnya.

"Saya pergi ke Kuwait, saya main di sana selama delapan tahun. Setelah itu, saya ke Liga Indonesia. Sampai sekarang saya tidak pernah balik ke Brasil," ucap Wallace Costa.