Bola Internasional

Bintang Persib Ikut Andil Lambungkan Peringkat Vietnam di Ranking FIFA, Kok Bisa?

Jumat, 24 Desember 2021 09:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/Indosport.com
Bintang Persib Bandung, Mohammed Rashid, ternyata ikut andil melambungkan peringkat Timnas Vietnam di ranking FIFA per Kamis (23/12/21). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Bintang Persib Bandung, Mohammed Rashid, ternyata ikut andil melambungkan peringkat Timnas Vietnam di ranking FIFA per Kamis (23/12/21).

INDOSPORT.COM – Bintang Persib Bandung, Mohammed Rashid, ternyata ikut andil melambungkan peringkat Timnas Vietnam di ranking FIFA per Kamis (23/12/21).

Sebagaimana diketahui, Park Hang-seo dan anak didiknya berhasil naik satu peringkat ke urutan 98 dunia pada peringkat FIFA, setelah sebelumnya terancam terlempar dari 100 besar.

Melansir dari Bongda, The Golden Stars menambah 3,32 poin dengan kini mengoleksi 1.212,54 poin. Pencapaian ini diraih berkat 3 kemenangan atas laos, Malaysia dan Kamboja.

Naiknya peringkat Vietnam ini sebenarnya tak hanya berkat penampilan mereka di Piala AFF, namun juga kegagalan bintang Persib Bandung, Mohamded Rashid bersama Timnas Palestina di Piala Arab FIFA 2021.

Tim asal Timur Tengah itu turun satu peringkat ke ururan 99 dunia di ranking FIFA terbaru. Palestina mendapat pengurangan poin 2,43 poin karena penampilan buruk mereka di Piala Arab 2021.

Palestina yang diperkuat bintang Persib Bandung, Mohammed Rashid tercatat menekan dua kekalahan yakni 0-4 dari Maroko dan 1-5 dari Yordania dan imbang 1-1 dengan Arab Saudi.

Dengan hasil tersebut, Palestina menjadi tim juru kunci grup C Piala Arab FIFA 2021 sekaligus memastikan mereka gagal melaju ke fase berikutnya di turnamen tersebut.

Vietnam sendiri baru saja dibantai Thailand 0-2 di leg pertama Piala AFF pada Kamis (23/12/21). Vietnam pun mengusung misi balas dendam mengalahkan Thailand di leg kedua jika ingin lolos ke babak final.

Namun, karena turnamen ini tidak masuk dalam kalender FIFA, meskipun menang, Vietnam tidak akan mendapatkan banyak poin jika mereka berhasil mewujudkan misi tersebut.

Peringkat selanjutnya diumumkan oleh FIFA pada 10 Februari 2022. Posisi Vietnam dan tim-tim lainnya masih akan mengalami perubahan akibat kompetisi kualifikasi Piala Dunia.

Tim Vietnam dijadwakan akan bertemu Australia pada 27 Januari 2022 dan China pada 1 Februari 2022 di babak kualifikasi ketiga Piala Dunia di Asia.