Liga Indonesia

Wasit Piala AFF Merugikan, Shin Tae-yong Usul VAR Seperti Pelatih Vietnam

Jumat, 24 Desember 2021 14:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© pssi
Shin Tae-yong, Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura Copyright: © pssi
Shin Tae-yong, Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengusulkan supaya gelaran Piala AFF menggunakan teknologi VAR (video assistant referee). Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Shin Tae-yong mengusulkan VAR karena wasit di Piala AFF 2020 tidak konsisten. Pengadil lapangan kerap merugikan tim yang bertanding dan Indonesia serta Vietnam menjadi korban kesalahan wasit. 

"Kalau menurut saya butuh VAR berdasarkan pengalaman di Piala Dunia. Sebagai manusia kita tak bisa lihat tepat 100 persen. Meski pemain bekerja keras, tapi bisa saja keputusan wasit menghancurkan laga," ungkap Shin Tae-yong, Jumat (24/12/21). 

"Untuk wasit ini harus dipikirkan. Pemain kami dijatuhkan di kotak penalti (leg pertama) dan juga kemarin Vietnam (vs Thailand) juga seharusnya penalti, tapi saya bingung kenapa bisa tidak diberikan," cetusnya. 

"Apakah salah wasit atau tidak? Untuk tingkatkan kualitas turnamen ini, perlu kerja keras pemain dan pelatih dan butuh VAR," jelas pelatih asal Korea Selatan itu. 

Untuk itu, Shin Tae-yong berharap wasit yang memimpin laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Singapura bersikap adil. Dia tak mau lawan diuntungkan karena berstatus tuan rumah.