Bola Internasional

2 Faktor Keuntungan Timnas Indonesia Jelang Lawan Thailand di Final Piala AFF 2020

Senin, 27 Desember 2021 07:07 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia vs Singapura Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia vs Singapura

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mempunyai dua keuntungan jelang menghadapi Thailand di final Piala AFF 2020.

Dua tim telah memastikan diri tampil di partai final Piala AFF 2020 yaitu Timnas Indonesia yang akan berhadapan dengan Thailand di Stadion Nasional dalam dua pertandingan, leg pertama pada Rabu (29/12/21) dan leg kedua Sabtu (01/01/22) mendatang.

Timnas Indonesia lebih dahulu lolos ke final setelah menumbangkan perlawanan tuan rumah Singapura, dengan agregat skor 5-3. 

Leg pertama kedua tim bermain imbang 1-1, yag dicetak oleh Ikhsan Fandi dan Witan Sulaeman dan di leg kedua Timnas Indonesia ngamuk dengan skor akhir 4-2. 

Sementara Thailand, lolos ke final usai menyingkirkan perlawanan salah satu tim kuat favorit juara Piala AFF 2020 edisi kali ini, Vietnam.

Di leg pertama, Thailand menang 2-0. Dua gol diborong oleh Chanatip Songkrasin. Sedagkan di leg kedua, Thailand sukses menahan imbang 0-0 Vietnam yang bernafsu untuk memenangkannya.

Dengan hasil tersebut, maka ini merupakan partai final ulangan Piala AFF 2016 lalu yang dimenangkan oleh Thailand dengan agregat skor 3-2.

Dilansir dari Flashcore.com, Timnas Indonesia tercatat sudah 12 kali bertemu dengan Thailand di semua ajang.

Dari 12 kali pertemuan itu, Thailand mendominasi dengan enam kemenangan berbanding lima milik Timnas Indonesia, sisa satu pertandingan lain berakhir imbang.

Tentu catatan ini menunjukan jika kedua negara sama kuat walaupun Thailand unggul tipis dalam hal statistik.

Namun di final Piala AFF 2020 kali ini Skuad Garuda lebih diungulkan untuk meraih kemenangan. Apalagi ada dua faktor yang mendukung mereka, apa saja itu?