Bola Internasional

Jelang Final Piala AFF 2020: Nadeo Argawinata Ungkap Kunci Tepis Penalti Singapura

Senin, 27 Desember 2021 10:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© nadeowinataa
Kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Nadeo Argawinata, mengungkapkan kunci kesuksesannya menepis tendangan penalti pemain Singapura, Faris Ramli. Copyright: © nadeowinataa
Kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Nadeo Argawinata, mengungkapkan kunci kesuksesannya menepis tendangan penalti pemain Singapura, Faris Ramli.

INDOSPORT.COM – Kiper timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Nadeo Argawinata, mengungkap kunci kesuksesannya menepis tendangan penalti pemain Singapura, Faris Ramli.

Sebagaimana diketahui, timnas Inddonesia berhasil menembus final Piala AFF 2020 usai melewati laga penuh dramatis melawan tuan rumah Singapura.

Usai bermain imbang 1-1 dengan Singapura pada semifinal leg pertama, Indonesia berhasil menang 4-2 atas Singapura pada Sabtu (25/12/21).

Namun, laga itu dipenuhi drama sepanjang babak. Hujan kartu merah hingga penalti gagal pun mewarnai laga antara timnas Indonesia vs Singapura.

Indonesia yang unggul terlebih dahulu. Namun justru Singapura mampu menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan menjadi 1-2 meski kehilangan tiga pemainnya akibat kartu merah.

Hampir saja kalah, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui sepakan kaki Pratama Arhan pada menit ke-87.

Kemudian, drama tak berhenti ketika Singapura mendapatkan hadiah penalti karena pelanggaran yang dilakukan Pratama Arhan pada menit 90+1.

Faris Ramli maju sebagai algojo untuk berhadapan dengan kiper Nadeo Argawinata. Namun, Nadeo Argawinata berhasil menjadi pahlawan dengan menepis tendangan penalti yang nengarah ke pojok kiri gawang Indonesia.

Dari sanalah, momen berbalik untuk timnas Indonesia yang semakin percaya diri melalui babak perpanjangan waktu. Dua gol tercipta dari gol bunuh diri Shawal Anuar di menit ke-91, serta sepakan Egy Maulana Fikri di menit ke-105.

Alhasil, timnas Indonesia menang 4-2 dan berhak melaju ke final Piala AFF 2020. Kesuksesan itu membawa nama Nadeo Argawinata juga banjir sorotan.

Jika bukan karena asistnya menggagalkan penalti pemain Singapura, bisa saja timnas Indonesia kalah 2-3 saat itu, hingga tak berujung babak ekstra.

Melansir laman PSSI, Nadeo Argawinata mengungkapkan tentang kunci suksesnya menggagalkan penalti Faris Ramli di laga semifinal Piala AFF 2020.

“Semalam sebelum pertandingan, (saya) belajar cara penendang Singapura, feeling juga, bisa dikatakan beruntung. Kadang sepak bola juga butuh keberuntungan,” ucap Nadeo Argawinata.

Kunci semalem kita bermain kompak, menyerang kompak. Banyak evaluasi, tapi kunci kita kekompakan,” sambung kiper asal klub Bali United tersebut.