Bola Internasional

Sabet Pemain Muda Terbaik Piala AFF, Pratama Arhan Disanjung Legenda Singapura

Minggu, 2 Januari 2022 08:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© affsuzukicup
Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik Piala AFF Copyright: © affsuzukicup
Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik Piala AFF

INDOSPORT.COM – Bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan mendapat wejangan dari legenda Singapura, Baihakki  Khaizan, usai menyabet gelar Pemain Muda Terbaik di Piala AFF 2020.

Pratama Arhan memenangkan GOAL NXGN Award untuk Pemainn Muda Terbaik di Piala AFF setelah meraup 60.122 suara dari kombinasi suara penggemar dan peringkat tim redaksi GOAL sepanjang turnamen.

Pemain PSIS Semarang itu mengalahkan dua kompatriotnya, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga yang finis kedua dan ketiga, serta Thanawat Suengchitthawon (Thailand) dan Sieng Chanthea (Kamboja) yang melengkapi posisi lima besar.

Bek berusia 20 tahun ini memang tampil memukau sepanjang turnamen. Meski bermain di posisi bek kiri. Arhan mampu bertahan maupun membantu serangan.

Menurut catatan Opta, Arhan mencetak dua gol selama turnamen dari enam percobaan yang dilepaskan. Masing-masing gol tercipta saat melawan Malaysia dan Singapura.

Sementara dari sisi pertahanan, Arhan juga tak kalah memukai. Sepanjang turnamen, dia membuat enam sapuan, dua blok, sepuluh intersep, 80 persen tekel sukses, hingga 50 persen duel udara sukses.

Selain itu, dia memiliki kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh yang bagus dan selalu diwaspadai tim lawan tiap kali bertanding.

Penampilan Arhan di Piala AFF 2020 ini pun menimbulkan kesan mendalam bagi legenda Singapura, Baihakki  Khaizan. 

Menurut pria yang pria yang pernah tiga kali memenangi Piala AFF, pencapaian Arhan ini bisa menjadi modal sang pemain berkarier di luar negeri.

“Dik, kamu ini bakal jadi pemain kelas di Asia dik..,” tulis Khaizan melalui cuitan di Twitter, Sabtu (02/01/22) malam WIB.

“Jaga diri kamu baik-baik, main di luar (negeri) jika bisa untuk meningkatkan lagi pengalaman… Luarbiasa,” sambung Khaizan.